Usia Haid Pertama Bisa Prediksi Resiko Penyakit Jantung

DokterSehat.Com – Banyak faktor yang dapat memberikan gambaran atau prediksi dalam menentukan penyakit yang tengah bersarang di tubuh. Lalu bagaimana dengan Prediksi Risiko Sakit Jantung Melalui Usia Pertama Haid?



Wanita yang pertama kali haid sebelum berumur 10 tahun atau setelah usia 17 tahun, memiliki risiko lebh besar menderita penyakit tekanan darah tinggi, jantung, dan stroke. Hal ini diungkapkan oleh Pemimpin penelitian dari University of Oxford di Inggris, Dr. Dexter. Beliau mengatakan bahwa menarche (haid pertama) dini cenderung terjadi pada anak-anak obesitas, sehingga berhubungan dengan risiko sakit jantung.

Penelitian ini mempelajari data kesehatan lebih dari satu juta perempuan di Inggris berusia 50-64 tahun, termasuk reproduksi dan riwayat medis. Selama 11 tahun, sekitar 250 wanita dirawat di rumah sakit atau meninggal karena komplikasi dari hipertensi, 73 ribu penyakit jantung, dan 25 ribu menderita stroke.

Responden yang haid pertama di usia 13 tahun ada sekitar 25 persen di grup itu berisiko rendah dalam masalah jantung selama penelitian. Ini berbeda dengan empat persen wanita lainnya yang haid pertama pada usia 10 tahun atau lebih muda (27 persen) lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung.

Menurut jurnal Circulation, risiko penyakit jantung meningkat hampir sama pada satu persen wanita yang mulai menstruasi pada usia 17 atau lebih tua.

Ini sangat menarik membenarkan penelitian sebelumnya yang menunjukkan hubungan antara menarche dini dan risiko penyakit kardiovaskular, kata David Dunger, Ilmuwan Pediatrik di University of Cambridge di Inggris yang tidak terlibat dalam penelitian terbaru seperti dilansir Dailymail, Rabu (17/12/2014).

BACA JUGA : Cara Pria Menghadapi Stres