Usia 40an Masih Bekerja Dengan Keras? Awas Penurunan Kemampuan Otak

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika asalkan belum mencapai usia pensiun, yang biasanya berada di kisaran usia 55 hingga 60an, maka manusia masih berada dalam masa produktif sehingga bisa bekerja dengan penuh selama seminggu sebagaimana manusia yang masih berusia muda. Namun, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Melbourne Institut of Applied Economic and Social Research menemukan fakta dimana mereka yang sudah berusia 40an ke atas namun masih tetap bekerja keras ternyata memiliki resiko mengalami penurunan kemampuan otak dengan signifikan.

doktersehat-lesi-otak-delirium-penurunan-fungsi

Penelitian ini sendiri melibatkan setidaknya enam ribu pekerja dengan usia lebih dari 40 tahun di Australia dimana setiap partisipan akan menjalani tes layaknya membaca, daya ingat, dan dicek seberapa lama mereka bekerja dalam sepekan. Setelah mengetahui semua hasil tes, diketahui bahwa bagi mereka yang berusia 40 tahun ke atas, ternyata waktu ideal untuk bekerja hanyalah 25 jam per pekan saja yang berarti hanya akan ideal untuk bekerja selama 3 hari penuh atau bekerja paruh waktu saja selama sepekan. Jika waktu jam kerja melebihi waktu ideal tersebut, maka para pekerja ini, baik pria maupun wanita, beresiko mengalami penurunan fungsi otak.

Ketua penelitian, Colin McKenzie menyebutkan jika bekerja akan membuat otak terus beraktivitas sehingga fungsi kognitif akan tetap dalam kondisi yang baik. Namun, jika bekerja dilakukan dengan terlalu lama, maka otak juga bisa mengalami stres yang pada akhirnya akan berimbas buruk bagi fungsi kognitif otak. McKenzie menyebutkan jika hal ini terjadi karena sebenarnya semenjak usia 20an, manusia sudah mengalami penurunan kemampuan memproses informasi pada otaknya yang disebut sebagai fase fluid intelligence. Sementara itu, pada usia 30 tahunan, kemampuan/ skill, pengalaman, dan juga pengetahuan juga akan semakin menurun dan disebut sebagai fase crystallised intelligence, dan pada usia 40 tahun, kemampuan daya ingat, pengenalan pola, hingga ketangkasan mental juga semakin menurun.

Baca Juga:  Suka Membaca Ternyata Bisa Membuat Usia Kita Panjang

Memang, kondisi sosial ekonomi membuat banyak orang harus tetap bekerja keras di usia tua, bahkan, hal ini akan menjadi semakin buruk bagi mereka yang terbiasa kerja lembur yang membuat stres dan depresi menjadi semakin parah. Namun, McKenzie menyatakan jika andai para pekerja ini mampu menjaga waktu tidur dengan ideal, yakni minimal 7 jam setiap harinya, maka masalah penurunan fungsi otak ini bisa ditekan.