Usia 40an Adalah Masa Dimana Tulang dan Otot Harus Dijaga Kesehatannya

DokterSehat.Com -Usia 40 an adalah usia yang kerap kali dianggap sebagai fase dimana seorang yang sudah dewasa harus mulai mempersiapkan masa tuanya agar berada dalam kondisi yang sehat dan berkualitas. Salah satu persiapan yang harus dilakukan oleh mereka yang sudah menginjak usia 40 an adalah menjaga kesehatan otot dan juga tulang. Sebagaimana kita ketahui, usia ini adalah usia rentan dimana pengeroposan tulang bisa mulai terjadi jika kita tidak bisa menjaganya dengan baik. Jika kita membiarkan pengeroposan tulang dimulai begitu saja, maka kita bisa memicu penyakit tulang osteoporosis dimana tulang akan cenderung sangat tipis dan rapuh sehingga andai kita terjatuh kita bisa mengalami patah tulang dengan mudahnya. Untuk mencegah hal ini terjadi, kita bisa melakukan beberapa hal seperti sebagai berikut.

doktersehat-kanker-tulang-treadmill-baik-turunkan-kadar-gula

Menjaga kesehatan tulang dan otot berarti kita juga harus mulai memperhatikan makanan apa saja yang kita konsumsu setiap hari. Usia 40 an berarti kita harus mulai menambah asupan makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D. Selain itu, jangan lupakan pula makanan yang kaya mineral yang bisa menjaga kesehatan tulang. Sumber kalsium dan vitamin D pada makanan bisa ditemui pada susu, salmon, brokoli, atau makanan dari bahan kedelai. Selain itu, kuning telur atu minyak ikan yang kaya vitamin D juga bisa kita konsumsi.

Selain makanan, kita juga sebaiknya memulai olahraga yang rutin di usia 40 an, khususnya melakukan olahraga di waktu pagi hari dimana sinar matahari yang hangat sangatlah kaya akan vitamin D ang bisa menjaga kesehatan tulang dan otot. Tak perlu melakukan olahraga dengan porsi yang berat mengingat yang utama dari olahraga adalah rutinitas dan keteraturan yang bisa menjaga kesegaran tubuh, kekuatan tulang, hingga system peredaran darah. Agar rutinitas olahraga tidak menjadi hal yang membosankan, pilihlah olahraga yang anda sukai sehingga anda pun akan melakukannya dengan senang hati.

Baca Juga:  Terlalu Gemuk Saat Hamil, Ini 6 Risiko yang Dihadapi Anak

Jika diperlukan, minumlah beberapa suplemen yang kaya akan vitamin D maupun kalsium, apalagi jika anda adalah seseorang yang kurang suka dengan produk susu. Hanya saja, ada baiknya kita juga harus berkonsultasi ke dokter telebih dahulu mengenai suplemen apa yang akan cocok dikonsumsi oleh kita yang sudah berusia 40 an ini untuk menjaga kesehatan tulang dan otot untuk mendapatkan suplemen yang tepat.