Usia 30an Adalah Waktu Yang Utama Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

DokterSehat.Com – Meskipun kini semakin banyak orang yang lebih menyadari pentingnya menjaga kesehatan tubuh, dalam realitanya kebanyakan orang hanya berpikir tentang kesehatan fisik dan beberapa jenis penyakit berbahaya layaknya diabetes, kanker, serangan jantung, obesitas, dan lain sebagainya. Untuk menjaga kesehatan tulang yang sebenarnya juga tidak kalah penting dari berbagai penyakit-penyakit tersebut, justru cenderung masih disepelekan. Padahal, kini ada kecenderungan manusia modern lebih mudah mengalami gejala osteroporosis saat usia lanjut. Lantas, apakah yang harus kita lakukan untuk mencegah terjadinya hal ini?

doktersehat-lari-hilangkan-stres

Pakar kesehatan menyebutkan jika kita seharusnya sudah mewaspadai adanya penurunan kesehatan tulang, khususnya dalam hal kesehatan massanya semenjak usia 30an. Semenjak usia ini hingga 70 tahun, penurunan kesehatan massa tulang ternyata bisa mencapai 40 persen sehingga jika kita tidak menjaganya dengan baik, tentu resiko mengalami osteoporosis sangatlah besar, bukan? Untuk mencegah masalah kesehatan ini, pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk mulai banyak melakukan aktifitas fisik semenjak usia kita 30an.

Aktifitas fisik yang rutin layaknya berjalan kaki, lompat tali, hingga berlari, ternyata bisa secara efektif menjaga kesehatan kepadatan tulang dengan baik. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika olahraga-olahraga ini akan sangat efektif dalam menekan penurunan massa tulang. Dari berbagai penelitian, ditemukan jika lompat tali dan berlari ternyata menjadi olahraga yang sangat direkomendasikan pakar kesehatan tulang jika kita ingin mencegah pengeroposan tulang. Setelah olahraga tersebut, beberapa olahraga lain layaknya aerobik, basket, bola voli, dan berenang atau bersepeda juga bisa kita lakukan.

Satu hal yang disarankan oleh para pakar kesehatan adalah, kita sebaiknya melakukan aktifitas fisik dengan normal dan tidak berlebihan sehingga tubuh pun memiliki kesempatan untuk memulihkan diri. Dengan badan dan tulang yang sehat, masa tua kita tentu akan terjaga kesehatan dan kebahagiannya.