Usai Olahraga di Car Free Day, Jangan Sampai Melakukan Hal Ini

DokterSehat.Com– Belakangan ini car free day telah menjadi semacam ajang di akhir pekan yang sangat sayang untuk ditinggalkan. Tak hanya bisa membuat kita bebas melakukan olahraga seperti bersepeda, berjalan kaki, jogging, senam, atau melakukan olahraga lainnya, kita juga bisa menemukan banyak aktifitas unik, promosi, atau bahkan jajanan yang enak. Meskipun tujuan dari car free day adalah agar orang banyak bergerak dan lebih sehat, sayangnya banyaknya jajanan yang enak bisa membuat tujuan tersebut tak tercapai.

doktersehat-orangtua-lansia-olahraga

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa beberapa jenis olahraga yang kita lakukan saat car free day bisa membantu kita membakar cukup banyak kalori. Sebagai informasi, berjalan kaki cepat selama 30 menit sudah bisa membakar 300 kalori. Sementara itu, bersepeda bisa membakar 250 kalori dan berlari bisa membakar 375 kalori. Namun, jika kita mengkonsumsi jajanan seperti ketoprak, bakso, mie ayam, batagor, atau cilok, maka pembakaran kalori ini akan menjadi sia-sia.

Bagaimana tidak, seporsi ketoprak saja sudah membuat kita mengkonsumsi 600 hingga 700 kalori. Sementara itu, mie ayam atau bakso menyediakan kalori sebanyak 400 kalori, batagor memiliki 265 kalori, dan cilok sebanyak 240 kalori. Jika kita ingin membakar jumlah kalori dari jajanan-jajanan yang dikonsumsi ini, maka kita perlu berjalan kaki lagi sejauh 5 km!

Pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk mengkonsumsi buah buah-buahan yang rendah kalori seperti mangga yang hanya memiliki 65 kalori, anggur yang hanya memiliki 67 kalori, dan pepaya yang hanya memiliki 43 kalori. Tak hanya rendah kalori, buah-buahan ini juga kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin yang jauh lebih menyehatkan tubuh.

Dengan melakukan hal ini, maka olahraga yang kita lakukan tidak akan sia-sia sehingga bisa menurunkan berat badan sekaligus membuat tubuh tetap sehat dan bugar.