Usai Berhubungan Intim, Wanita Sebaiknya Mengganti Celana Dalamnya

DokterSehat.Com – Banyak orang yang setelah berhubungan intim memilih untuk segera tidur karena merasa lelah dan nyaman. Padahal, pakar kesehatan menyarankan kita, khususnya kaum hawa, untuk segera buang air kecil setelah berhubungan intim. Dengan melakukannya, maka wanita akan lebih baik dalam menjaga kebersihan organ vitalnya sekaligus mengeluarkan berbagai bakteri yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan.



Saat membersihkan vagina setelah berhubungan intim, pakar kesehatan kebidanan dan kandungan yang berasal dari California, Amerika Serikat, bernama dr. Sherry Ross, menyebutkan jika ada baiknya wanita menggunakan air bersih. Menurut beliau, saat berhubungan intim, penetrasi dari jari, mulut, atau bahkan penis bisa membawa bakteri yang bisa memicu masalah infeksi vagina. Dengan membersihkan area organ vital wanita secara keseluruhan, tanpa perlu menggunakan sabun tanpa parfum dan tanpa perlu membersihkan area dalam organ vital, maka kita pun akan jauh lebih baik dalam menjaga kebersihan area tersebut. Satu hal yang harus dipastikan adalah, kita harus membasuh area organ vital wanita dari arah depan ke belakang untuk menghindari infeksi bakteri.

Setelah berhubungan intim, dr. Ross juga sangat menyarankan wanita untuk mengganti celana dalamnya. Bisa jadi celana dalam yang sebelumnya dipakai sudah basah dengan cairan lubrikasi alami yang keluar saat kegiatan foreplay. Dengan menggunakan pakaian dalam yang bersih, area kewanitaan pun akan lebih terjaga kebersihan dan kesehatannya.

Agar tubuh wanita tetap fit dan bugar, pastikan bahwa setelah berhubungan intim wanita meminum air putih dengan cukup. Tanpa disadari, aktifitas hubungan intim cukup melelahkan layaknya berolahraga sehingga tubuh akan kehilangan cukup banyak cairan tubuh. Jika perlu, wanita juga bisa mengkonsumsi makanan atau minuman probiotik layaknya yoghurt yang akan mampu menjaga keseimbangan bakteri baik pada tubuh, termasuk yang ada dalam vagina.