4 Urutan Reaksi Tubuh Saat Melakukan Aktivitas Seks

doktersehat fase seks

DokterSehat.Com – Beberapa orang yang belum pernah bercinta hanya bisa bertanya: Bagaimana seks bisa memberikan kenikmatan baik pada pria atau wanita? Lalu, kenikmatan ini berasal dari mana dan apa yang akan terjadi pada tubuh selama aktivitas seks terjadi?

Untuk lebih memahami apa yang terjadi saat aktivitas seks, coba simak urusan reaksi tubuh di bawah ini.

Tahap rangsangan

Rangsangan bisa terjadi selama beberapa detik hingga hitungan menit dan jam. Pada tahap ini aliran darah akan meningkat sehingga pasangan akan sering deg-degan. Penis akan mulai menegang dan buah zakar mengencang.

Pada wanita, klitoris akan mulai membengkak dan liang dari vagina jadi lebih basah untuk mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu ada penetrasi.

Tahap Plateu

Setelah mengalami rangsangan selama beberapa menit, ereksi yang dialami pria akan semakin kuat dan beberapa bagian tubuhnya memerah. Pada wanita, liang vagina akan menyempit karena dialiri banyak darah. Pada fase ini pasangan sudah boleh melakukan aktivitas seks vaginal.

Tahap Orgasme

Setelah melakukan aktivitas seksual yang intens, pasangan akan mendapatkan orgasme dan pria mengalami ejakulasi.

Pada pria, tanda orgasme adalah tubuh mengejang dan penis menyemburkan cairan manis. Pada wanita, otot di area vagina akan berkontraksi dan beberapa wanita mengalami squiting.

Tahap Pemulihan

Tahap terakhir dari seks adalah pemulihan. Setelah pasangan sama-sama mendapatkan orgasme tubuh akan relaks kembali. Pada fase ini wanita lebih mudah mengalami pemulihan sehingga bisa mengalami orgasme berkali-kali dalam satu kali sesi aktivitas seks.

Pria bisanya membutuhkan waktu sekitar 30-60 menit agar kondisi tubuhnya normal dan penis bisa mendapatkan ereksi kembali.

Nah, dari empat fase di fase di atas, dua fase pertama adalah yang paling penting. Kalau dua fase itu tidak dijalankan dengan baik, seks tidak akan berjalan penuh gairah.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik