Uruguay Berhasil Menang Melawan Industri Rokok!

DokterSehat.Com – Industri rokok termasuk dalam industri yang sangat menguntungkan di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan masih ada jutaan orang di dunia yang menjadi pecandu rokok level berat. Di Indonesia sendiri, rokok telah seakan-akan menjadi hal yang lumrah ditemui di berbagai tempat, bahkan digunakan oleh anak-anak kecil atau mereka yang masih berusia remaja. Negara seakan-akan tidak berdaya melawan cengkeraman industri rokok yang sudah menghujam sangat dalam di dunia kesehatan nasional. Namun, belakangan ini ada kabar mengejutkan dari Uruguay dimana negara kecil di Amerika Selatan ini justru berhasil menggugat secara hukum gurita bisnis rokok multinasional, Philip Morris Internasional.

doktersehat-paru-rokok-kanker

Kasus hukum antara negara Uruguay dengan Philip Morris diawali semenjak enam tahun lalu dimana Philip Morris justru menggugat aturan pengendalian tembakau bilateral antara Uruguay dan Swiss dimana dalam aturan ini ada penetapan luas gambar peringatan kesehatan pada bungkus rokok hingga 80 persen di depan dan di belakang dan adanya pembatasan merek rokok hanya satu varian atau merek saja. Philip Morris mengharapkan aturan ini dibatalkan dan dilonggarkan. Namun, dalam kenyataannya, Uruguay justru memenangi kasus ini dan bahkan memaksa Philip Morris mengganti biaya pengadilan hingga US$ 7 Juta!

Presiden of Campaign for Tobacco-Free, Matthew Myers menyebutkan jika berita kekalahan besar Philip Morris oleh Uruguay ini harus dirayakan umat manusia yang mendambakan kesehatan tubuh yang bebas dari bahaya asap rokok. Beliau bahkan menyebutkan jika ini adalah langkah besar bagi Uruguay untuk menjaga rakyatnya dari bahaya kesehatan asap rokok.

Pengadilan Internasional sendiri menyebutkan jika pertimbangan kesehatan masyarakat yang dijaga oleh pemerintah Uruguay menjadi hal besar yang mempengaruhi kemenangan negara ini alih-alih mementingkan profit bagi perusahaan layaknya Philip Morris. Myers pun berharap jika negara-negara lain terinspirasi akan hal ini dan mulai memberikan perlindungan lebih baik pada masyarakatnya dari bahaya kesehatan yang mengerikan dari asap rokok, khususnya di Indonesia.