Urine Bisa Dipakai untuk Mendeteksi Kanker?

DokterSehat.Com– Urine atau air seni seringkali dipakai untuk mendeteksi adanya zat berbahaya atau zat terlarang pada tubuh. Namun, apakah urine juga bisa dipakai untuk mendeteksi kanker?

Dilansir dari Asia One, sebuah firma dari Jepang sedang melakukan uji coba pendeteksian kanker dengan memakai sampel urine. Uji coba ini disebut-sebut adalah yang pertama kali dilakukan di dunia.

Uji coba ini didukung oleh korporasi IT terkemuka, Hitachi. Hitachi telah mengembangkan teknologi dasar untuk mendeteksi kanker payudara dan kanker usus dengan menggunakan sampel urine sejak dua tahun silam. Kini, para peneliti pun menggunakan metode ini dengan suhu ruangan untuk menganalisa 250 sampel urine.

Juru bicara Hitachi, Chiharu Odaira menyebutkan bahwa jika sampai uji coba ini berhasil, maka diharapkan akan ditemukan sebuah cara yang lebih mudah bagi manusia untuk mendeteksi kanker, yakni hanya dengan menggunakan tes urine saja. Hal ini tentu akan jauh lebih mudah untuk dilakukan dibandingkan dengan harus masuk ke dalam rumah sakit dan menjalani beberapa tes di laboratorium.

Tes urine juga diharapkan akan mempermudah pakar kesehatan untuk mendeteksi kanker pada anak kecil mengingat banyak dari mereka yang ketakutan dengan jarum suntik saat harus menjalani pengambilan sampel darah.

Teknologi yang digunakan Hitachi ini mampu memeriksa material di dalam urine yang dianggap sebagai penanda khusus dari adanya penyakit. Diharapkan, hasil penelitian ini akan membuat deteksi dini kanker lebih mudah untuk dilakukan sehingga lebih banyak nyawa yang bisa diselamatkan.

Penelitian ini akan dimulai pada September tahun ini di Nagoya University dan diharapkan peralatannya sudah mampu digunakan secara luas pada 2020 mendatang.

Semoga hasil penelitiannya positif dan bisa memberikan manfaat bagi dunia medis ya, Sobat Sehat?