Uretritis Pada Pria – Pengertian dan Penyebab

Uretritis adalah peradangan uretra. Uretra adalah saluran yang menghubungkan kandung kemih ke bagian luar tubuh dan mencakup lubang di ujung penis. Pada pria, air kencing dan air mani melewati uretra.

doktersehat-pria-khitan-penis-sehat-bakteri-bersih-kecil-gemuk-manfaat-sunat

Uretritis mungkin disebabkan oleh kuman yang menyebabkan penyakit menular seksual (PMS) atau kuman yang menyebabkan infeksi saluran kencing dan gejala kondisi ini mungkin serupa.

Pria berusia antara 20-35 tahun paling berisiko mengalami penyakit urethritis infeksius (menular), seperti juga pria yang memiliki banyak pasangan seksual atau mereka yang melakukan perilaku berisiko tinggi seperti tidak menggunakan kondom atau hubungan seks melalui dubur.

Penyebab uretritis pada pria

  • Penyakit menular seksual seperti gonore dan klamidia menyebabkan sebagian besar kasus uretritis infeksius. Virus yang menyebabkan herpes dan infeksi lain yang ditularkan selama aktivitas seksual juga dapat menyebabkan uretritis.
  • Iritasi kimia yang disebabkan oleh sabun, lotion, dan cologne dapat menyebabkan rasa sakit sementara di uretra. Bahan spermisida (pembunuh sperma) pada kondom dan jeli kontrasepsi juga dapat menyebabkan iritasi uretra yang menyebabkan uretritis.
  • Manipulasi mekanis penis atau trauma ringan dapat menyebabkan uretritis. Prosedur medis, menggosok pada pakaian kasar, serta aktivitas seksual atau masturbasi yang kuat dapat menyebabkan iritasi sementara pada uretra.
  • Terkadang ejakulasi bisa menyebabkan perasaan sementara serupa dengan uretritis. Hal ini biasanya hilang dalam waktu singkat tanpa perlakuan khusus.
  • Uretritis kronis (bila kondisinya berlangsung selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan atau sembuh dan kambuh lagi) dapat disebabkan oleh bakteri, atau bisa juga disebabkan oleh penyempitan saluran uretra itu sendiri.