Untuk Perokok, Konsumsi Makanan Ini Agar Paru-Paru Tetap Sehat

DokterSehat.Com – Paru-paru merupakan organ penting bagi manusia untuk tetap bertahan hidup. Oleh karena itu, menjaga kesehatan paru-paru dimasa sekarang ini sangat penting. Tapi tidak jarang yang salah tafsir. Menjaga kesehatan harus selalu berurusan dengan dokter dan apoteker. Bahkan banyak juga yang berpikir harus mengeluarkan uang yang banyak untuk hidup sehat, terutama kesehatan organ dalam seperti paru-paru.

11

Padahal dengan tidak merokok dan mengatur asupan makanan yang benar, paru-paru pun akan sehat dengan sendirinya. Anda yang ingin memiliki paru-paru sehat, berikut kami berikan 5 makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru :

  • Bawang merah
    Bawang merah merupakan bahan dasar yang tentunya ada disetiap dapur Anda. Nah, dari hasil penelitian bahan makanan ini ternyata bisa membantu Anda untuk menyehatkan paru-paru. Bagi perokok, bawang merah merupakan salah satu bahan makanan yang wajib Anda konsumsi.
  • Kacang panjang dan kacang kenari
    Bahan makanan yang satu ini juga terbukti mampu menyehatkan paru-paru Anda. Karena kacang panjang mengandung magnesium dan zat anti kanker, sedangkan kacang kenari memiliki kandungan protein, lemak dan zat anti oksidan yang sangat baik untuk menyehatkan organ pernafasan Anda.
  • Kunyit
    Satu lagi bahan dapur yang memberikan manfaat ekstra terhdap kesehatan tubuh. Kunyit memiliki fungsi yang kaya akan zat dan kandungan yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan kandungan curcumin yang terdapat dalam kunyit sangat ampuh memberantas pertumbuhan sel kanker dan tumor pada paru-paru.
  • Buah dilema, jeruk dan anggur
    Bahan makanan yang satu ini menjadi bahan makanan yang tentu sudah sangat dikenal akan khasiatnya. Buah delima, jeruk dan anggur merupakan buah-buahan yang mengandung vitamin dan zat yang sangat baik untuk menyehatkan paru-paru Anda. Karena kandungan zat falvainoid pada anggur menjadi kandungan yang bisa membantu Anda membersihkan paru-paru. Sementara buah delima yang kaya akan anti oksidan dan buah jeruk yang kaya akan vitamin C bisa mengobati dan menyehatkan paru-paru Anda.
  • Wortel
    Selain vitamin A, wortel juga mengandung antioksidan dan lycopene yang sangat baik untuk kesehatan paru-paru dan jantung.