Untuk Menurunkan Berat Badan, Olahraga Tidak Harus Dilakukan Dengan Intensitas Tinggi

DokterSehat.Com – Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, program diet dan olahraga akan menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Yang menarik adalah, mereka yang ingin menurunkan berat badan cenderung memilih olahraga dengan intensitas tinggi. Dengan melakukan olahraga yang lebih berat, mereka berasumsi jika akan ada lebih banyak kalori yang terbakar sehingga lemak pun akan segera terkikis. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-olahraga-gym-sehat

Pakar kesehatan dari University of Bath pun melakukan sebuah pertanyaan untuk mencari tahu apakah olahraga dengan intensitas tinggi bisa lebih baik dalam menurunkan berat badan. Menurut hasil penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Physiological Reports ini diketahui bahwa kita tidak perlu melakukan olahraga dengan intensitas tinggi jika ingin menurunkan berat badan.

Para peneliti membandingkan kegiatan olahraga dari beberapa kelompok orang dewasa selama tiga pekan. Sebagian orang dewasa ini melakukan olahraga intensitas tinggi dengan treadmill. Sebagian lainnya melakukan olahraga lainnya dengan intensitas sedang. Semua orang dewasa ini melakukan olahraga lima kali dalam seminggu. Setelah waktu penelitian berakhir, diketahui bahwa kedua kelompok sama-sama menurunkan berat badan, namun, tidak ada perbedaan berarti antara penurunan berat badan tersebut.

Dengan adanya fakta ini, pakar kesehatan menyebutkan jika kita tidak harus melakukan olahraga dengan intensitas tinggi andai kita ingin menurunkan berat badan. Dengan olahraga yang berintensitas sedang saja, hasilnya sudah cukup untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Selain itu, baik itu olahraga intensitas sedang atau tinggi sudah mampu meningkatkan sensitivas insulin dan tingkat kesehatan metabolik tubuh. Hal ini berarti, olahraga intensitas tinggi tidak begitu memberikan dampak yang lebih signifikan jika dibandingkan dengan olahraga dengan intensitas sedang.