Unik! Sekeluarga Dari Brasil Ini Punya 6 Jari di Tangan dan Kaki

DokterSehat.Com– Hampir seluruh anggota keluarga da Silva yang berasal dari Brasil ini memiliki kelainan tubuh yang sangat unik. Gara-gara mengalami kelainan genetik yang langka bernama polycdatyly, tangan dan kaki anggota keluarga ini memiliki enam jari, satu jari lebih banyak dari jari yang dimiliki oleh orang normal.

JoaodeAssisdaSilva-polidaktili-doktersehat

Photo Credit: tbo.com

Meskipun terlihat aneh, tambahan jari ini ternyata tidak mengganggu aktifitas sehari-hari mereka. Bahkan, jari ini bisa berfungsi layaknya jari yang normal. Sebagai contoh, jari tangan Joao de Assis da Silva (18 tahun) yang berjumlah 6 justru membuatnya lebih bersemangat untuk mengejar cita-cita sebagai penjaga gawang di dunia sepakbola. Adanya tambahan jari ini justru membuatnya lebih mudah menangkap bola karena tangannya yang berukuran lebih besar. Ia juga bisa menangkap bola yang terbang di atas kepala dengan lebih baik.

Anggota keluarga pertama yang memiliki enam jari adalah nenek buyut dari Joao. Setelahnya, setidaknya 14 keturunan keluarga memiliki enam jari baik itu di tangan atau di kaki. Yang menarik adalah, semua anggota keluarga ini tidak minder karena mengalami kelainan tubuh ini. Justru, anggota keluarga yang tidak memiliki enam jari merasa ada yang kurang sempurna dalam tubuhnya.

Meskipun tidak memberikan gangguan pada aktifitas harian, ternyata ada sebagian anggota keluarga da Silva yang memilih untuk membuang jari tambahan pada kakinya. Hanya saja, tujuan dari pembuangan jari ekstra ini ternyata didasari oleh sulitnya mencari alas kaki wanita dengan ukuran yang tepat.