Unik, Lansia di Jepang Dipasangi Stiker Barcode Agar Tidak Mudah Hilang

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang kerap ditemui para lansia di seluruh dunia adalah pikun atau gangguan memori dan yang disebabkan oleh penyakit demensia. Para orang tua ini tentu akan menjadi lebih linglung, apalagi jika mereka berada di luar rumah atau di jalanan. Agar para lansia ini tidak tersesat, maka sebuah peraturan yang diberlakukan di sebuah kawasan perumahan di Iruma, sebelah utara Tokyo, meminta para lansia dipasangi semacam stiker barcode pada agar mereka tidak tersesat dan mudah dicari saat berkegiatan di luar rumah. Bagaimana cara stiker ini bekerja?

doktersehat-couple-orang-tua-alzheimer-jalan-sehat

Stiker ini hanya berukuran 1 cm dan memiliki kode QR yang berisi informasi pribadi lansia yang memakainya, dari nama, alamat, nomor identitas unik, hingga nomor telepon yang bisa dihubungi. Stiker ini sendiri bisa ditempatkan di kuku, baik itu di jari tangan atau di jari kaki. Dengan adanya stiker ini, diharapkan bisa membantu para lansia yang sedang tersesat sehingga setiap orang yang bertemu dengannya bisa melaporkan ke pihak berwajib yang bisa segera melakukan pemindaian pada stiker tersebut dan segera menghubungi keluarga atau mengantarnya pulang.

Stiker ini sendiri diklaim bisa bertahan dari air dan bisa terus menempel pada lansia hingga dua minggu. Kekuatan dari stiker ini juga sangat baik sehingga meskipun kerap bergesekan dengan banyak benda atau kaus kaki, stiker ini tidak akan mudah lepas.

Sebelum ditemukan stiker unik ini, sebenarnya pemerintah Jepang sudah berusaha sebaik mungkin untuk membantu para lansia agar tidak tersesat dengan memberikan GPS Saku atau bahkan alat pelacak yang ditempatkan pada sol sepatu. Sayangnya, karena tidak menempel pada tubuh para lansia, alat pelacak ini cenderung dianggap tidak praktis dan ada kemungkinan para lansia tidak memakai baju atau sepatu yang sama selama bepergian sehingga ada kemungkinan tertinggal di rumah.

Baca Juga:  Memori Otak Bisa Semakin Kuat Jika Kita Bisa Bicara Dua Bahasa

Dengan adanya stiker ini, diharapkan para lansia berusia lebih dari 65 tahun di Jepang bisa bebas melakukan berbagai kegiatan di luar rumah tanpa perlu khawatir lagi tersesat atau tidak tahu arah jalan kembali ke rumah.