Unik, Balita 18 Bulan Ini Sudah Ubanan

DokterSehat.Com – Rambut yang memutih atau uban akan dengan mudah kita temukan pada mereka yang sudah berusia tua. Hanya saja, ada sebagian orang yang berusia lebih muda tidak cukup beruntung untuk mendapatkan uban pada rambutnya. Hal yang sama terjadi pada seorang balita bernama MilliAnna dari Ridgeland, Amerika Serikat. Tak hanya satu atau dua helai, setidaknya sejumput rambut bagian depannya ternyata sudah memutih layaknya rambut orang tua. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-rambut-uban

Ibunda dari MilliAnna yang bernama Brianna Worthy, 23 tahun, berkata jika Ia memang memiliki keturunan keluarga yang membuat dirinya dan MilliAnna memiliki sejumput rambut putih di bagian depan. Yang menarik adalah, rambut ini seperti highlight rambut yang didapatkan dari salon kecantikan. Padahal, kondisi ini secara alami terjadi. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika kondisi rambut beruban pada bagian depan kepala MilliAnna dan juga ibunya sebagai poliosis, kondisi dimana sebagian rambut tidak memiliki pigmen sehingga akan memiliki warna putih, persis layaknya rambut beruban.

Bagi sebagian orang, kondisi yang dialami MilliAnna tentu mengundang pertanyaan. Brianna bahkan mengaku jika saat Ia kecil dahulu, Ia pernah mendapat julukan sigung, semacam musang yang berwarna hitam dan memiliki garis putih, persis seperti kondisi rambut yang dimilikinya. Meskipun terkadang merasa terganggu, Brianna sama merasa hal ini wajar saja mengingat kondisi ini juga terjadi pada neneknya.

Pakar kesehatan menyebutkan jka poliosis memang kerap terjadi pada area sepanjang dahi. Dalam beberapa kasus, tak hanya membuat rambut bagian depan menjadi lebih putih, area alis ataupun bulu mata juga akan memiliki warna putih. Beruntung, kondisi yang sangat jarang ini tidak termasuk dalam penyakit dan dianggap tidak berbahaya sama sekali. Sebagian besar orang yang memiliki kondisi poliosis diketahui termasuk dalam orang-orang yang sehat.

Baca Juga:  Banyak Duduk Picu Diabetes bagi Wanita

Photo Source: Brianna Worthy/ Caters News