Ukuran Payudara Bisa Menjadi Tanda Kondisi Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com – Bagi kaum hawa, ukuran dan bentuk payudara bisa menjadi hal yang sangat penting karena bisa mempengaruhi kepercayaan dirinya. Selain itu, bagi wanita yang sudah menikah, payudara juga memiliki peran penting dalam hubungan intim dengan pasangan atau menyusui sang buah hati yang baru dilahirkan. Tahukah anda jika ukuran dan bentuk payudara ternyata juga bisa menjadi tanda akan adanya kondisi kesehatan tertentu? Seperti apakah kondisi-kondisi kesehatan tersebut?

doktersehat-bentuk-payudara-wanita-seksi-seks-berenang

Payudara membesar
Andai ukuran payudara kita membesar, kerap kali hal ini terjadi karena berat badan kita juga ikut bertambah. Sebagai informasi, sebagian besar payudara terbentuk dari sel lemak sehingga kenaikan berat badan bisa ikut mempengaruhi ukurannya. Selain karena faktor berat badan, kondisi kehamilan, perubahan hormonal karena menstruasi, hingga pemakaian alat kontrasepsi hormonal juga bisa membuat payudara lebih besar.

Payudara menyusut
Menurunnya berat badan juga kerap kali diikuti dengan menyusutnya ukuran payudara. Penyebab lain dari menyusutnya ukuran payudara adalah menurunnya kadar estrogen dalam tubuh karena fase menopause atau konsumsi pil KB hormonal. Hanya saja, andai penyusutan payudara ini diikuti dengan munculnya jerawat, kerontokan rambut, hingga tumbuhnya rambut di wajah, wanita harus mewaspadai penyakit sindrom polistik ovarium (PCOS).

Siklus payudara mempengaruhi ukuran payudara
Siklus menstruasi kerap kali memicu pembengkakan pada payudara. Seringkali, pembengkakan ini juga diiringi dengan rasa nyeri saat tersenggol atau tersentuh saat fase pra-menstruasi. Sebagian wanita juga mengalami benjolan dekat dengan ketiak yang bukan merupakan tumor saat fase menstruasi segera tiba.

Sulit mendeteksi kanker payudara pada wanita dengan payudara padat
Meskipun bisa menambah rasa percaya diri, wanita dengan payudara padat wajib mewaspadai kanker payudara karena cenderung sulit dideteksi dengan x-ray. Hal ini dikarenakan payudara padat memiliki jaringan serat dan glandular yang lebih banyak dan membuatnya terlihat putih saat dicek dengan x-ray. Padahal, biasanya tanda putih adalah tanda dari adanya kanker payudara sehingga kanker pun menjadi semakin sulit dideteksi.