Ukuran Kaki Bisa Berubah, Jangan Membeli Sepatu di Waktu Ini

DokterSehat.Com– Apa hal yang menjadi pertimbangan bagi Anda untuk membeli sepatu? Merek, harga, tipe, bahan, atau bahkan warna? Setiap orang memang memiliki preferensi sendiri-sendiri saat membeli alas kaki ini. Namun, ada satu hal yang harus dipastikan saat membeli sepatu, yakni ukuran yang pas sehingga sepatu tersebut nyaman untuk dipakai.



Yang menjadi masalah adalah, ukuran kaki kita ternyata bisa berubah sehingga sepatu yang pada awalnya cukup bisa saja menjadi tidak lagi muat. Menurut Maria Restu Ndaruasri, salah seorang Brand Manager dari produsen sepatu terkemuka, bisa jadi hal ini disebabkan oleh tidak tepatnya waktu saat kita membeli sepatu.

Jika kita membeli sepatu di pagi hari, tepatnya sebelum kita benar-benar melakukan banyak aktifitas, ukuran kaki ternyata lebih kecil jika dibandingkan dengan saat siang, sore atau malam hari. Tanpa kita sadari, aktifitas yang dilakukan membuat ukuran kaki sedikit membesar. Meski perubahannya tidak begitu kentara, perbedaan ukuran ini bisa saja membuat sepatu yang sepertinya pas saat kita beli menjadi kekecilan dan tidak pas saat kita pakai di lain waktu.

Maria menyarankan kita untuk membeli sepatu di sore atau menjelang malam, waktu dimana ukuran kaki paling besar dibandingkan dengan waktu lainnya. Selain itu, Ia juga lebih menyarankan kita untuk membeli sepatu langsung alih-alih membelinya secara online karena akan membuat kita berkesempatan untuk mencobanya. Saat mencoba sepatu, jangan hanya memastikan ukurannya pas, namun cobalah untuk dipakai berjalan atau melompat agar bisa dirasakan kenyamanannya.

Maria juga menyarankan kita untuk memilih sepatu yang memiliki sedikit jarak diantara ujung jari kaki dengan ujung depan sepatu, bukannya yang benar-benar pas agar lebih nyaman untuk dipakai.