Uji Coba Vaksin HIV Berhasil Membuat 5 Pasien Sembuh

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang adalah HIV. Penyakit yang kerap kali dikaitkan dengan pecandu narkoba atau penikmat gaya hidup seks bebas ini telah memakan korban sangat banyak di seluruh dunia. Pakar kesehatan sendiri sedang berlomba-lomba untuk menemukan obat dari penyakit berbahaya ini. Beruntung, salah satu penelitian yang dilakukan di Barcelona, Spanyol, sepertinya mulai memberikan titik cerah bagi pengobatan penyakit HIV.

doktersehat-hiv-aids-antibodi-obat

Dalam penelitian yang sudah dilakukan selama 3 tahun in, para pakar kesehatan memberikan vaksin yang berasal dari gabungan dua vaksin yang sebelumnya digunakan untuk mengobati kanker pada 24 orang yang sudah terinfeksi HIV. Hasilnya adalah, virus HIV tak lagi dideteksi pada 5 orang pasien. Para pasien yang mendapatkan hasil positif ini juga berhasil mencegah penularan HIV hanya dengan sistem imun tubuhnya saja tanpa perlu bergantung dengan obat-obatan. Yang luar biasa adalah, 1 pasien benar-benar sudah terbebas dari konsumsi obat-obatan selama 7 bulan terakhir.

Beatriz Mothe, ketua peneliti, mengaku jika hasil penelitian ini sangatlah menggembirakan. Diharapkan, penemuan ini bisa segera disempurnakan sehingga bisa menjadi obat HIV alternatif selain obat ARV. Sebagai informasi, setidaknya 18 juta orang atau sekitar separuh dari jumlah penderita HIV di seluruh dunia harus mengkonsumsi obat ARV ini setiap hari. Padahal, obat ini sangatlah mahal dan masih bisa memberikan efek samping yang sangat tidak nyaman bagi tubuh. Di Indonesia sendiri, obat ARV masih disubsidi oleh pemerintah.

Micthell Warren dari AIDS Vaccine Advocacy Coalition berkata bahwa penemuan vaksin ini bisa membuat mereka yang sudah terinfeksi HIV menghilangkan virus yang sangat berbahaya tersebut pada tubuhnya. Diharapkan, virus ini bisa membantu penderita HIV untuk mengendalikan virus pada tubuhnya dengan cara merangsang sel darah merah untuk mengenali dan menghancurkan sel-sel tubuh yang sudah terinfeksi virus HIV. Dengan cara ini, diharapkan penderita HIV tak perlu lagi mengkonsumsi obat-obatan setiap hari yang tentu akan sangat merepotkan.