Udara di India Semakin Parah, Warga Pun Berburu Masker Hingga Habis

DokterSehat.Com – Selain di Tiongkok, masalah pencemaran udara ternyata juga menjadi hal yang sangat serius di India. Negeri yang juga memiliki populasi penduduk sangat padat di dunia ini bahkan mengalami masalah pencemaran udara yang sangat serius hingga warganya berburu masker hingga habis. Sebuah berita terkini yang berasal dari New Delhi bahkan menyebutkan jika di ibukota India tersebut, sudah tidak ada lagi masker yang bisa dibeli oleh masyarakat.

doktersehat-polusi-newdelhi-india

Beberapa toko yang menjual masker layaknya pusat perbelanjaan Khan Market atau Vogmasks mengaku sudah kehabisan stok masker dari berbagai jenis dan merek. Padahal, sudah ada puluhan orang yang rela mengantri berjam-jam demi membeli masker karena mereka sudah tidak tahan dengan pencemaran udara yang begitu parah. Namun, perwakilan Vogmasks, Jai Dhar Gupta, menyebutkan jika mereka benar-benar sudah kehabisan stock masker meskipun sudah mengimpor dari Singapura dan HongKong dalam jumlah yang sangat banyak.

Data dari badan kesehatan dunia WHO menyebutkan jika kondisi udara yang ada di New Delhi sudah sangat parah dalam 10 hari terakhir. Kadar polutan di kota ini bahkan sudah mencapai 800 mikrogram per meter kubuk, atau setara dengan 30 kali lipat dari standar polutan udara yang aman untuk dihirup yang hanya 25 mikrogram per meter kubiknya. Karena dianggap sudah sangat berbahaya, sebagian besar masyarakat di Delhi bahkan diminta untuk tidak bepergian ke luar rumah dan sebagian sekolah diliburkan. Andai mereka ingin keluar, mereka harus membawa masker dan juga peralatan penjernih udara.

Mengingat tingginya mobilitas masyarakat India, maka penjualan masker pun meningkat tajam dalam beberapa hari terakhir agar masyarakat bisa tetap keluar rumah. Sayangnya, permintaan yang berlebihan ini membuat banyak distributor masker kewalahan. Banyak masyarakat yang menyayangkan gagapnya pemerintah India dalam menangani masalah ini dan berharap agar pemerintah segera memecahkan masalah pencemaran udara yang sudah sangat membahayakan kesehatan masyarakat.

Baca Juga:  Kardiomiopati Dilatasi

Photo Source: Hindustan Times