Ubah Gaya Hidup Sebelum Merencanakan Hamil

DokterSehat.Com – Mempersiapkan kehamilan memang perlu persiapan yang matang rubah gaya hidup sebelum merencanakan kehamilan. Gaya hidup yang tidak sehat berpengaruh pada tingkat kesuburan sehingga menghambat kehamilan. Mulai untuk berpikir ulang untuk mengkonsumsi atau melakukan kebiasaan yang tidak sehat demi suksesnya kehamilan. Berat badan karena gaya hidup yang kurang sehat sangat mempengaruhi kehamilan. Berat badan yang berlebihan atau terlalu kurus cenderung membuat proses kehamilan semakin sulit. Karenanya disarankan pada masa persiapkan kehamilan seseorang wanita harus mencapai berat badan ideal. Untuk menghitung berat badan ideal yaitu tinggi badan 110. Hasil dari pengurangan tersebut merupakan berat badan ideal anda.

doktersehat-kehamilan-hamil-sayur-makanan

Dengan menjaga pola makan, anda bisa menjaga berat badan anda tetap ideal. Mulai terapkan konsumsi makanan sehat yang terbukti bisa meningkatkan kesuburan anda. Sehingga anda bisa merencanakan kehamilan mulai dari awal. Rutin melakukan olahraga selama masa pra kehamilan. Pastikan wanita sudah mulai rutin melakukan olahraga. Tidak perlu berolahraga selama berjam-jam, anda cukup melakukan dengan lari pagi selama kurang lebih 30 menit setiap hari. Hal tersebut bisa memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh dan mampu meningkatkan kekebalan dalam tubuh sehingga bisa menunjang kehamilan semakin sukses.

Asupan nutrisi pun sangat penting untuk merencanakan kehamilan dengan cepat. Pilih nutrisi yang terbukti bisa meningkatkan kesuburan. Nutrisi yang dianjurkan untuk dikonsumsi antara lain yaitu asam folat, kalsium, zat besi. Ketiga nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk organ reproduksi pra kehamilan maupun saat hamil. Jika anda mempunyai hoby nyemil, jangan khawatir, anda bisa menggantikan makanan yang biasa anda konsumsi ke makanan yang lebih sehat dan bergizi. Sehingga asupan gizi anda tetap terjadi. Hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein tinggi, karena menyebabkan penurunan kualitas sperma dan kesuburan.

Baca Juga:  Manfaat dan Teknik Pijat Payudara

BACA JUGA : 4 Hal Yang Penting Untuk Hidup Sehat