Turunkan Tekanan Darah Dengan Cara Mudah Ini

DokterSehat.Com-Salah satu masalah kesehatan yang sebaiknya tidak kita sepelekan adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Yang menjadi masalah adalah, penyakit ini cukup banyak menyerang masyarakat Indonesia dan bisa menurun. Demi mencegah datangnya penyakit ini, ada baiknya memang kita melakukan gaya hidup yang sehat, khususnya dalam hal menjaga pola makan, mengelola stress dengan baik, beristirahat dengan cukup, dan rutin berolahraga. Jika kita sudah terlanjur memiliki tekanan darah yang tinggi, ada baiknya kita segera mengatasinya dengan cara-cara mudah ini.

doktersehat-hipertensi-tekanan-darah-tinggi-jantung-stroke

Menurunkan berat badan
Mereka yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan akan cenderung lebih beresiko untuk terkena masalah tekanan darah tinggi. Karena alasan inilah ada baiknya kita segera melakukan program penurunan berat badan dengan cara menerapkan pola makan yang sehat dan rutin berolahraga.

Rajin berolahraga
Tak hanya menurunkan berat badan, berolahraga secara teratur juga bisa membantu menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Hal ini tentu akan menurunkan tekanan pada darah. Tak harus melakukan olahraga, tubuh yang aktif layaknya dengan berkebun, melakukan pekerjaan rumah tangga, atau aktifitas lainnya juga bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Menurunkan tekanan darah
Garam adalah salah satu penyebab utama dari masalah tekanan darah tinggi. Karena alasan inilah ada baiknya kita membatasi asupan garam menjadi di bawah 1.500 miligram setiap harinya. Jika anda merasa makanan akan hambar tanpa adanya garam, gantilah dengan rempah-rempah yang akan membuat cita rasa makanan tak kalah enaknya.

Menghindari stress
Stress ternyata bisa memicu tekanan darah tinggi. Karena alasan inilah ada baiknya kita sering-sering melakukan relaksasi, berolahraga, atau menikmati sinar matahari pagi agar bisa menurunkan stress sekaligus tekanan darah.

Baca Juga:  Benarkah Timun Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi?

Tidak merokok
Asap rokok ternyata juga bisa menyebabkan masalah tekanan darah, karena itulah ada baiknya kita tidak menjadi perokok aktif maupun perokok pasif.