Turunkan Kolesterol Dengan Jus Buah Ini

jambu_merah_kolesterol_doktersehat_2
Photo Source: Flickr/Maur Cateb

DokterSehat.Com– Beberapa hari terakhir kita mengonsumsi makanan yang cenderung tidak sehat dan kaya akan lemak dan kolesterol. Hal ini disebabkan oleh makanan Lebaran seperti opor, rendang, gulai, dan lain sebagainya ini memang biasanya disajikan dalam jumlah yang banyak sehingga bisa dikonsumsi sampai beberapa hari kemudian. Yang menjadi masalah adalah, mengonsumsi makanan-makanan tersebut dalam jumlah yang berlebihan bisa memicu dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kolesterol tinggi bisa memicu peningkatan risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan yang mematikan lainnya. Karena alasan inilah ada baiknya kita segera mencari cara untuk menurunkan kadar kolesterol yang cenderung meningkat dengan tajam setelah lebaran.

Tak hanya dengan menghentikan asupan makanan berlemak dan kaya kolesterol untuk sementara, kita juga bisa mengonsumsi minuman enak yang mudah untuk kita buat sendiri untuk menurunkan kolesterol. Minuman tersebut adalah jus jambu merah.

Jus jambu merah yang dibuat sendiri tanpa tambahan gula bisa menyediakan berbagai nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan seperti flavonoid, karotenoid, selenium, serta vitamin C dan E yang sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh dan kulit. Kandungan flavonoid yang sangat tinggi dalam jambu merah juga bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh dengan efektif.

Pastikan untuk tidak membeli atau membuat jus jambu merah yang diberi tambahan gula karena minuman ini justru bisa menyebabkan kenaikan berat badan atau memicu kenaikan risiko terkena diabetes.