Turunkan Kadar Kolesterol Setelah Lebaran Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

DokterSehat.Com– Hari Lebaran telah usai. Tak hanya memberikan kita kesempatan untuk bertemu dengan keluarga besar atau bermaaf-maafan dengan rekan-rekan dan kolega, Lebaran juga membuat kita meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh akibat dari seringnya kita mengkonsumsi makanan khas Lebaran yang kaya akan lemak dan santan. Mengingat kadar kolesterol tubuh yang berlebihan bisa berimbas pada meningkatnya resiko terkena penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung atau stroke, ada baiknya kita mencoba untuk menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan berikut ini.

doktersehat-kolesterol

Buah alpukat
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa alpukat ternyata sangat baik dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan layaknya kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, dan lain sebagainya. Mengkonsumsi alpukat bisa membantu tubuh mengubah komposisi kolesterol jahat (LDL), kolesterol baik (HDL), kadar trigliserida, fosfolipid, hingga kadar kolesterol total dalam tubuh.

Yoghurt
Jika ingin menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah dengan efektif, kita bisa mengkonsumsi yoghurt secara rutin setiap hari. Tak hanya mampu mengatasi masalah kadar kolesterol tinggi, konsumsi yoghurt juga bisa membuat kita mencegah datangnya diabetes tipe 2.

Cabai
Salah satu bahan makanan favorit masyarakat tanah air karena memiliki rasa yang pedas dan nikmat ini ternyata kaya akan capsaicin, salah satu kandungan sehat yang bisa membantu kita menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sekaligus melawan perkembangan sel kanker. Hanya saja, pastikan untuk mengkonsumsi cabai segar yang masih ada bijinya, bukannya cabai bubuk, demi mendapatkan kandungan capsaicin tersebut.

Ikan segar
Tahukah anda jika masyarakat Jepang sangat jarang mengalami masalah kolesterol tinggi? Salah satu penyebab dari hal ini adalah karena kebiasaan masyarakat Jepang menerapkan pola makan yang sehat, khususnya dalam mengkonsumsi ikan laut yang segar. Ikan segar ternyata memang mampu mengatasi masalah kolesterol dan baik bagi kesehatan jantung.

Baca Juga:  Kolesterol Tinggi - Obat Fibrat, Obat Penghambat Protein PCSK9, serta Pencegahan dan Prospek Kolesterol Tinggi

Buah naga dan jeruk
Buah naga dan jeruk ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah dengan cukup efektif.