informasi kesehatan


Turunkan Berat Badan dengan Jus Kentang

Turunkan Berat Badan dengan Jus Kentang

Doktersehat.com – Seperti yang diketahui sebelumnya, kentang memiliki banyak vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Kentang mengandung nutrisi seperti kalsium, potasium dan beta-karoten, serta mampu memenuhi 10 persen kebutuhan serat harian tubuh. Serat tersebut dapat mendukung penghapusan limbah padat dari tubuh dan mempercepat pembakaran lemak melalui sistem pencernaan.

Selain itu, sebuah studi yang dilakukan di Arizona State University menunjukkan bahwa kentang dapat menjadi pembakar lemak yang baik karena mengandung vitamin C. Minum jus kentang sebelum makan, dapat mengendalikan produksi hormon leptin dan ghrelin, yang mempengaruhi rasa lapar. Mengonsumsi makanan yang membuat Anda kenyang lebih lama adalah kunci menurunkan berat badan.

Mengonsumsi kentang mentah bisa membantu Anda mengurangi berat badan karena bersifat basa pada tubuh, meningkatkan kemampuan sistem pencernaan dan punya efek pencahar ringan.

Namun Anda tidak bisa langsung mengonsumsinya begitu saja. Kentang mentah bisa diolah menjadi jus untuk menurunkan berat badan. Berikut langkah-langkah menurunkan berat badan dengan jus kentang:

1. Pilihlah kentang yang segar
Kentang yang Anda pilih harus segar, cirinya memiliki warna kulit coklat yang tegas. Pilih kentang kecil yang tidak mempunyai titik-titik hijau atau hitam dan belum bertunas. Kentang kecil yang sudah dipanen sebelum matang sepenuhnya lebih kaya nutrisi. Kentang yang bertunas atau berwarna kehijauan biasanya mengandung racun alkaloid atau solanin penyebab kejang perut, diare dan sakit kepala.

2. Jangan kupas kulit kentang

Sebagian besar nutrisi terdapat pada kulit dan di bawah kulit kentang. Buat jus kentang menggunakan juicer atau parut kentang yang sudah dibersihkan, dan peras airnya.

3. Membuat jus kentang
Cuci bersih kentang dan potong manjadi beberapa bagian agar dapat masuk ke dalam blender. Anda dapat mempertahankan kulit kentang, karena kandungan vitamin paling tinggi justru berada pada kulitnya. Tambahkan madu alami agar rasanya lebih enak.

4. Minum jus kentang sebelum makan
Minumlah jus kentang sekitar 2 jam sebelum sarapan dan 30 menit sebelum makan malam. Tetapi minum jus kentang setelah makan juga memiliki manfaat kesehatan yang sama. Jika tidak suka rasanya, Anda bisa mencampurnya dengan jus wortel. Kombinasi kentang dan wortel baik untuk mengeluarkan racun dari hati.

5. Minum jus kentang sebelum tidur

Minum setengah cangkir kus dua jam sebelum tidur. Untuk mengurangi rasanya yang hambar, Anda bisa menambahkan jus lemon dan satu sendok teh madu, yang membuat pencernaan berfungsi lebih baik.

6. Pilih makanan sehat
Meskipun Anda telah minum jus kentang setiap hari sebelum makan, cara ini tidak akan berhasil jika Anda makan makanan yang tidak sehat seperti junk food setelahnya. Pastikan untuk makan makanan sehat setelah minum jus kentang.

Dari berbagai sumber

pf button both Turunkan Berat Badan dengan Jus Kentang
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

One Response to “Turunkan Berat Badan dengan Jus Kentang”

  1. cocok sekali untuk saya hehe terima kasih atas infonya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0