Tumor Telinga Luar

Doktersehat.com – Tumor pada telinga bisa bersifat bukan kanker (benign) atau bersifat kanker (malignant). Banyak tumor telinga ditemukan pada saat seseorang memperhatikan tumor tersebut, atau ketika seorang dokter memeriksa ke dalam telinga karena seseorang merasa sepertinya pendengaranya berkurang.



Tumor yang bersifat kanker kemungkinan terjadi di saluran telinga, menutup saluran telinga dan menyebabkan hilangnya pendengaran dan membentuk kotoran telinga. Beberapa tumor mengandung kantung kecil yang berisis kulit yang menonjol (kista sebaceous), osteomas(tumor tulang), dan berkembangnya jaringan parut sehabis luka (keloid). Kebanyakn pengobatan yang berhasil adalah operasi pengangkatan tumor. Setelah pengobatan, pendengaran biasanya kembali menjadi normal.

Sel basal dan kanker sell squamous adalah kanker kulit umum yang sering terjadi di bagian luar telinga setelah terus menerus dan dalam jangka waktu lama terkena sinar matahari. Ketika kanker ini terlihat pertama kali,kanker tersebut bisa berhasil disembuhkan dengan mengangkat tumor tersebut lewat operasi atau dengan melakukan terapi radiasi. Kanker yang lebih tinggi tingkatanhya bisa memerlukan operasi pengangkatan dengan daerah lebih besar bagaian luar telinga.

Ceruminoma (kanker pada sel yang memproduksi kooran telinga) dibentuk di lapisan luar ketiga dari saluran telinga dan dapat menyebar. Ceruminomas tidak berpengaruh apapun dengan kotoran telinga. Pengobatan terdiri dari pengangkatan kanker dan pembedahan jaringan di sekelilingnya.

 

Sumber : sehat-enak.blogspot.com & http://medicastore.com