Kanker Otak – Tumor Otak yang Tidak Bisa Dioperasi dan Terapi Radiasi

Tumor yang tidak bisa dioperasi adalah tumor yang terletak di tempat yang tidak terjangkau di otak yang tidak dapat dijangkau oleh ahli bedah saraf. Sebagai alternatif, meskipun ahli bedah saraf mungkin bisa mencapai tumor, untuk menghilangkannya, ahli bedah mungkin harus menghancurkan atau merusak jaringan otak terdekat sehingga operasi dapat merusak area penting di otak. Tumor yang tidak bisa dioperasi bisa berupa jenis atau ukuran apapun. Apa yang membuat tumor tidak bisa dioperasi adalah apakah ahli bedah yakin bahwa mereka dapat mengakses tumor tanpa mengganggu jaringan otak penting lainnya seperti yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang penting (misalnya, ucapan atau gerakan). Tumor lain dianggap tidak bisa dioperasi saat bagian otak tersebut begitu dilewati oleh pembuluh darah sehingga pengangkatan tumor dan sistem pembuluh darahnya akan cenderung mengalami kerusakan parah atau menyebabkan kematian pada pasien. Dokter bedah menentukan apakah tumor otak pasien tidak dapat dioperasi, jadi disarankan untuk mencari pendapat kedua dari ahli bedah lain karena ahli bedah saraf lain mungkin menganggap tumor itu “dapat dioperasikan.”

doktersehat-parkinson-otak-brain-penyakit-meningitis

Radiasi, kemoterapi, dan uji klinis untuk kanker otak
Terapi radiasi (juga disebut radioterapi) adalah penggunaan sinar berenergi tinggi untuk membunuh sel tumor dan menghentikannya tumbuh dan berkembang biak.

  • Terapi radiasi kadangkala digunakan untuk orang yang tidak bisa menjalani operasi. Dalam kasus lain, digunakan setelah operasi untuk membunuh sel tumor yang mungkin tersisa. Tomoterapi dapat digunakan (terapi radiasi termodulasi dibantu oleh CT scan).
  • Terapi radiasi adalah terapi lokal. Ini berarti hanya mempengaruhi sel di jalurnya. Ini tidak membahayakan sel-sel di tempat lain di tubuh atau bahkan di tempat lain di otak.
Baca Juga:  Masih Suka Meletakkan Ponsel di Bawah Bantal Saat Tidur? Ini Bahayanya

Radiasi dapat diberikan dengan dua cara:

  • Radiasi eksternal menggunakan sinar radiasi berenergi tinggi yang ditargetkan pada tumor. Sinar akan melewati kulit, tengkorak, jaringan otak yang sehat, dan jaringan lain untuk menyerang tumor. Perawatan biasanya diberikan lima hari seminggu selama sekitar empat sampai enam minggu. Setiap perawatan hanya memakan waktu beberapa menit. Pisau gamma dan pisau cyber adalah dua istilah yang menggambarkan metode yang menggunakan radiasi eksternal untuk membunuh sel kanker di otak.
  • Radiasi internal atau implan menggunakan kapsul radioaktif kecil yang ditempatkan di dalam tumor itu sendiri. Radiasi yang dipancarkan dari kapsul menghancurkan tumor. Radioaktivitas kapsul berkurang sedikit setiap hari; jumlah radioaktivitas kapsul dihitung dengan hati-hati sampai habis saat dosis optimal diberikan. Seseorang harus tinggal di rumah sakit selama beberapa hari saat menerima perawatan ini.