Kanker Otak – Klasifikasi: Tumor Otak Primer

Otak terdiri dari berbagai jenis sel. Tumor timbul dari tipe sel utama otak disebut tumor otak primer. Jawaban atas pertanyaan “Seberapa sering terjadinya tumor otak primer?” adalah jenis tumor ini jarang terjadi (sekitar 12 per setiap 100.000 orang per tahun).

doktersehat-parkinson-otak-brain-penyakit-meningitis

  • Kanker terjadi ketika satu jenis sel berubah dan kehilangan karakteristik normalnya. Setelah ditransformasikan, sel tumbuh dan berkembang biak dengan cara yang tidak normal.
  • Seiring pertumbuhan sel abnormal ini, mereka menjadi massa sel, atau tumor. Tumor otak yang dihasilkan dari transformasi ini dan pertumbuhan sel otak yang tidak normal disebut tumor otak primer karena berasal dari sel utama otak. Tumor otak terjadi pada populasi pasien pediatrik dan dewasa.
  • Tumor otak primer yang paling umum adalah glioma, meningioma, adenoma hipofisis, schwannoma vestibular, limfoma SSP primer, dan tumor neuroektodermal primitif (medulloblastomas). Istilah glioma adalah ekspansif karena mencakup banyak subtipe, termasuk astrositoma, oligodendroglioma, ependimoma, dan papilloma pleksus choroid.
  • Tumor primer ini dinamai berdasarkan bagian otak atau jenis sel otak dari mana tumor tersebut muncul.

Tumor otak bervariasi dalam tingkat pertumbuhan dan kemampuannya untuk menyebabkan gejala. Sel yang tumbuh cepat dan agresif biasanya tampak abnormal secara mikroskopis. National Cancer Institute (NCI) menggunakan sistem penilaian untuk mengklasifikasikan tumor. NCI mencantumkan tingkatan berikut berdasarkan gambaran mikroskopisnya:

  • Grade I: Jaringan penyusunnya jinak. Sel terlihat hampir seperti sel otak normal, dan pertumbuhan sel lambat.
  • Grade II: Jaringan penyusunnya ganas. Sel terlihat kurang seperti sel normal daripada sel-sel pada tumor kelas I.
  • Grade III: Jaringan penyusunnya ganas dan memiliki sel yang terlihat sangat berbeda dari sel normal. Sel abnormal tumbuh secara aktif. Sel-sel yang tampak abnormal ini disebut sel anaplastik.
  • Grade IV: Jaringan penyusunnya ganas dan memiliki sel yang terlihat paling abnormal dan cenderung tumbuh sangat cepat (agresif).
Baca Juga:  Apakah Sinyal Wi-Fi Berbahaya Bagi Otak Anak?

Berdasarkan perkiraan Central Brain Tumor Registry Amerika Serikat pada tahun 2016, sekitar 77.000 tumor otak akan didiagnosis di Ameriksa Serikat. Sekitar 25.000 orang pasti ganas, dan sekitar 52.800 jinak (dengan sekitar 22.000 kasus didiagnosis sebagai meningioma, bentuk yang paling sering dari tumor otak, dan biasanya merupakan tipe jinak). Glioma adalah tipe yang paling umum dari tumor otak ganas, dengan setidaknya setengahnya adalah grade IV atau glioblastomas, jenis tumor ganas atau tumor otak ganas yang paling agresif. Data ini sedang diperbarui, jadi hanya perkiraan data tahun 2012 yang tersedia saat ini.