Tumor Otak Wanita Ini Lenyap Setelah Melahirkan

doktersehat-otak

DokterSehat.Com– Seorang wanita yang tidak disebutkan namanya dari California, Amerika Serikat, didiagnosis terkena tumor otak saat sedang hamil 9 bulan, tepatnya di usia 37 minggu.

Dokter pun memilih untuk menunggu wanita berusia 23 tahun ini untuk melahirkan terlebih dahulu sebelum menangani masalah tumor otak tersebut. Ajaibnya, tiga bulan setelah melahirkan, dokter terkejut tatkala menemukan tumor telah lenyap!

Dilansir dari Live Science, kasus yang dipublikasikan dalam jurnal World Neurosurgery pada 8 April 2018 lalu menyebutkan bahwa sang wanita kerap mengalami sakit kepala pada bagian kiri dahinya selama 1 bulan. Ia juga mengalami mual-mual, muntah, dan pandangan kabur. Pada dua kehamilan sebelumnya, Ia sama sekali tidak mengalami gejala tersebut.

Setelah menjalani pemindaian MRI, wanita ini didiagnosis tekena meningioma, tumor yang terbentuk pada membran yang mengelilingi otak dan saraf tulang belakang. Secara teknis, meningioma tidak bisa benar-benar disebut sebagai tumor karena hanya memberikan lapisan tambahan pada otak.

Jika sampai ukurannya bertambah dan menekan jaringan, saraf, dan pembuluh darah otak, maka dampaknya tidak ada bedanya dengan yang disebabkan oleh tumor. Belum jelas apa penyebab dari menghilangnya meningioma pada kepala wanita ini.

Menurut pakar kesehatan Dr. Vikram Chakravarthy, ada kemungkinan tumor dipengaruhi oleh lepasnya hormon kehamilan. Setelah sang wanita melahirkan, hormon kehamilan juga tidak lagi muncul dan ikut mempengaruhi keberadaan tumor tersebut.

Satu bulan setelah melahirkan, sang wanita tak lagi mengalami pandangan kabur. Namun, terkadang Ia masih mengalami sakit kepala di dahi sebelah kiri. Tiga bulan setelah melahirkan, hasil pemindaian menunjukkan bahwa tumor ini telah menciut hingga hanya seukuran biji bunga matahari. Hal ini membuat sang wanita tak lagi membutuhkan operasi untuk mengeluarkan tumor otak tersebut.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik