Tumor Jantung Dan Pengobatanya

DokterSehat.Com – Tumor merupakan jenis pertumbuhan yang tidak normal, tumor dapat bersifat kanker (malignant) atau bukan kanker (benign). Tumor yang dimulai di jantung disebut tumor primer, yang bisa terbentuk di setiap jaringan jantung dan bisa bersifat kanker atau bukan kanker. Tumor jantung terjadi kurang dari 1 berbanding 2000 orang. Pada orang dewasa, sekitar setengah dari tumor jantung primer tidak bersifat kanker adalah myxomas. Myxomas biasanya terbentuk di ruang sebelah kiri atas jantung (atrium). Bisa terbentuk dari sel embrio terletak pada lapisan dalam (lining) dari dinding jantung.



Pada bayi dan anak-anak, jenis yang paling sering terjadi dari tumor jantung primer yang bersifat bukan kanker adalah rhabdomyoma. Rhaddomyoma, yang ciri khasnya terjadi dalam kelompok, biasanya bertumbuh dalam dinding jantung dan langsung terbentuk dari sel otot jantung. Rhabdomyomas biasanya terbentuk selama bayi atau masa kanak-kanak, seringkali sebagai bagian dari penyakit langka yang disebut tuberous sclerosis. Kedua paling umum tumor primer yang bersifat bukan kanker pada bayi dan anak-anak adalah fibromas. Fibromas, yang ciri khasnya terjadi sebagai tumor tunggal, biasanya tumbuh pada klep jantung dan terbentuk dari sel jaringan serat jantung.

Tumor jantung bisa terjadi tanpa gejala, penyakit tumor jantung bisa menyebabkan gagal jantung, detak jantung yang tidak normal (arrhythmias), atau menurunnya tekanan darah disebabkan oleh pendarahan di dalam pericardium.

Gejala

Penderita penyakit ini akan merasakan gejala berupa pertumbuhan sel tumor pada organ jantungnya, yang jika terus dibiarkan maka dapat menyebar ke beberapa bagian tubuh lain seperti di paru-paru, payudara, darah, atau kulit.

Penyebab

Penyebab penyakit ini dapat terjadi oleh beberapa hal, diantaranya adalah gangguan pada jaringan atau sel yang terdapat di jantung hingga kemudian mengalami pertumbuhan yang tak normal atau bisa juga berasal dari pertumbuhan sel kanker yang terjadi di bagian tubuh yang lain.

Baca Juga:  Ketahui Gejala Stroke Ini Sebelum Terjadi Pada Anda

Diagnosa

Penyakit ini dalam ilmu kesehatan akan sulit didiagnosis, hal yang menyebabkan itu terjadi karena gejala yang dialami penderita hampir serupa dengan gejala penyakit jantung lain pada umumnya. Tapi tetap bisa dilakukan diagnosis untuk menemukan gejala dan penyebabnya melalui pemeriksaan fisik, dan salah satu pemeriksaan yang dilakukan  adalah echocardiography.

Pengobatan

Jika penyakit ini bukan lagi dikategorikan ringan maka upaya pengobatan terbaik yang harus dilakukan adalah dengan proses pembedahan untuk mengangkat bagian tumor yang tidak tumbuh di dalam dinding jantung. Hanya saja tetap membutuhkan perhatian bahwa dalam metode operasi tetap ada resiko untuk timbulnya efek samping.