Tumbuh Tinggi Dengan Cepat, Remaja Ini Justru Terkena Diabetes Tipe 1

DokterSehat.Com – Layaknya remaja pada umumnya, Henry cenderung bertambah tinggi dengan cepat. Namun, kenaikan tinggi badan Henry sangatlah luar biasa karena dalam waktu yang sangat singkat, Ia bertambah tinggi hingga 10-12,5 cm. Dari awalnya bertubuh gempal, pertambahan tinggi yang sangat cepat ini membuat Henry lebih kurus dan membuatnya lebih sering tidur. Sayangnya, orang tua Henry tidak menyangka jika pertumbuhan tinggi badan yang sangat cepat ini adalah tanda dari penyakit Diabetes tipe 1.

doktersehat-diabetes-gula-penyakit

Joe dan Stacey Crescitelli, orang tua Henry, mulai menyadari ada yang tidak beres dengan perubahan tubuh Henry tatkala anaknya mulai terserang vertigo. Tak hanya sekali atau dua kali, vertigo ini beberapa kali menyerangnya. Kaki Henry juga lebih mudah terasa sakit. Saat tubuhnya semakin mengurus karena berat badannya menurun hingga 11 kg, orang tuanya pun segera memeriksakan kondisinya ke dokter. Disinilah Henry didiagnosis terkena diabetes tipe 1 dan diabetes ketoacidosis sehingga harus dirawat di Children’s Hospital of Pennsylvania selama 4 hari.

Pakar kesehatan dr. Nirali Patel yang berasal dari Akron Children’s Hospital di Ohio, Amerika Serikat, memang menyebutkan jika banyak orang tua yang keliru menganggap gejala diabetes tipe 1 sebagai tanda dari anak yang tumbuh dengan pesat. Namun, jika anak mulai mudah merasa kelelahan, mengalami penurunan berat badan secara drastis, kerap merasa mual dan sakit pada perut, mudah lapar dan haus, semakin sering buang air kecil, mengalami kaburnya pandangan, hingga terkena gejala dehidrasi, maka orang tua harus mewaspadai penyakit berbahaya ini.

Banyak penderita penyakit diabetes tipe 1 ternyata masih berusia anak-anak, remaja, atau yang sudah dewasa namun tergolong masih muda. Padahal, andai seseorang terkena penyakit ini sejak usia muda, mau tidak mau Ia harus melakukan suntik insulin dan bisa menyebabkan keturunannya nanti juga terkena penyakit yang sama. Karena alasan inilah kita harus menjaga kesehatan tubuh anak dengan baik agar tidak mudah terkena diabetes.