Tulang Kuat Di Hari Tua Dengan Konsumsi Ini

DokterSehat.Com – Tulang merupakan jaringan hidup yang memiliki respons terhadap asupan nutrisi dan gerakan tubuh, perilaku hidup dapat memengaruhi kesehatan tulang. Osteoporosis atau tulang rapuh menjadi salah satu kelainan tulang yang sangat sering terdengar. Dan akibat perilaku hidup yang salah, osteoporosis yang identik dengan penyakit orang tua ini juga dapat menyerang anak muda.

10

Pembentukan tulang dimulai sejak seseorang masih dalam kandungan, sehingga pada masa hamil seorang ibu harus memperbanyak konsumsi susu agar kandungan kalsium di tubuhnya dan tubuh bayi bisa meningkat. Ketika mulai beranjak remaja, pola makan yang memenuhi standar minimal asupan kalsium dan olahraga yang rutin akan membuat pertumbuhan dan pembentukan tulang si anak mencapat titik yang maksimal. Pertumbuhan tulang mencapai puncaknya pada umur 30 tahun. Selepas itu pertumbuhannya bukan lagi naik melainkan turun. Karena itu, diperlukan pencegahan melalui olahraga dan asupan nutrisi yang tepat, sehingga kelainan pada tulang, seperti osteoporosis dapat dihindari.

Sebagai penyangga tubuh, tulang harus kuat. Karena itu, ia perlu makan sepanjang usia. Lalu, apa sajakah asupan yang tepat untuk tulang? Tulang manusia memiliki banyak fungsi di samping tugas utamanya sebagai alat gerak.

Berikut ini makanan sehat yang mampu membantu Anda menjaga kepadatan serta kekuatan tulang :

1. Perbanyak vitamin B12
Seringkali vitamin B12 diabaikan karen tubuh tidak banyak membutuhkan vitamin ini. Namun seiring bertambahnya usia, sel-sel darah juga ikut menua. Jadi vitamin B12 dibutuhkan untuk memperkuat sel darah merah dan meningkatkan kognisi. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin B12 dari sumber protein hewani seperti daging dan telur.

2. Lebih banyak pisang
Seiring bertambahnya usia, tekanan darah cenderung meningkat sehingga Anda pun memiliki lebih banyak risiko terserang penyakit kardiovaskuler seperti stroke, hal ini menjadikan Anda harus makan makanan yang banyak mengandung potasium seperti pisang.

Baca Juga:  Kecanduan Main Ponsel Bisa Ganggu Kesehatan Tulang

Apalagi obat hipertensi bersifat diuretik sehingga Anda mungkin banyak kehilangan kadar sodium serta potasium dalam darah. Karena Anda membutuhkan banyak potasium, maka buah pisang sangat baik dimasukkan dalam diet sehat Anda, termasuk juga brokoli dan kentang rebus.

3. Minum lebih banyak air
Semakin Anda tua, mungkin harus mengonsumsi beberapa obat-obatan, seperti misalnya obat hipertensi. Hal ini memberikan efek dehidrasi sehingga minum air putih lebih banyak adalah solusi agar Anda tidak banyak kehilangan cairan tubuh.

Minum air juga sangat baik mengeluarkan racun di dalam tubuh dan manfaat kesehatan lain yang sangat baik. Batasi pula konsumsi kopi, teh, soda dan alkohol karena tubuh Anda tidak seperti dulu lagi.

4. Makan tinggi kalsium
Untuk kepentingan tulang kuat, tentu Anda membutuhkan kalsium untuk menjaga kepadatannya. Kalsium banyak ditemukan pada susu dan produk olahannya. Jika Anda memiliki alergi terhadap laktosa atau tidak terlalu suka susu, maka menggantinya dengan suplemen makanan juga boleh.

Asupan kalsium maksimal dari makanan dan suplemen adalah 2.500 miligram per hari untuk orang dewasa, atau 2.000 miligram per hari jika Anda lebih dari 50.

Jadi, jika Anda sayang kepada orangtua Anda dan ingin mereka hidup dengan sehat, tidak ada salahnya menganjurkan mereka mengonsumsi nutrisi tersebut. Anda pun juga bisa memulai menjaga kesehatan tulang dari sekarang dan mendapatkan tulang kuat di hari tua.