Tujuh Cara Meningkatkan Kinerja Otak

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Dokter Sehat – Untuk meningkatkan kinerja otak, dr. Daniel G. Amen, menulis buku Making a Good Brain Great Here, memberikan tujuh tips berikut:

1. Tingkatkan asupan air
Ingat, otak kita tersusun atas 80% air. Dehidrasi ringan saja dapat meningkatkan produksi hormon stres yang dapat merusak otak kita.

2. Batasi asupan kalori
Penelitian pada hewan dan manusia mengindikasikan bahwa diet dengan kalori terbatas baik bagi otak dan memperpanjang usia. Makan dalam jumlah lebih sedikit dapat memicu mekanisme tertentu di dalam tubuh untuk meningkatkan produksi nerve growth factors, yang bermanfaat bagi otak.

3. Konsumsilah asam lemak omega-3
Ikan, minyak ikan, dan DHA, merupakan salah satu bentuk asam lemak omega-3. Penelitian dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa diet yang kaya asam lemak omega-3 membantu meningkatkan keseimbangan emosional dan mood yang sehat, mungkin karena DHA merupakan komponen utama dari deretan dendrit otak.

4. Konsumsilah sumber antioksidan
Vitamin E dan C merupakan sumber antioksidan. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa asupan antioksidan dari buah dan sayur secara signifikan mengurangi penurunan kemampuan kognitif kita.

5. Konsumsi protein, lemak baik, dan karbohidrat dalam porsi seimbang
Karenanya, pada setiap makanan atau kue, cobalah untuk mendapatkan protein, karbohidrat, dan lemak dalam keadaan seimbang.

6. Masukkan 24 bahan pangan sehat dalam diet harian Anda
Bahan-bahan pangan tersebut meliputi: sumber protein (ikan: salmon, tuna, makerel, hering; unggas: kalkun tanpa kulit; daging merah: sapi dan telur; tahu dan produk olahan kedelai; susu dan produksi olahannya; bebijian; garbanzo beans dan lentil; kekacangan), karbohidrat kompleks (bery-beryan; blueberry; raspberry; stroberi; blackberry; jeruk; cherry; buah persik; brokoli; gandum; lada merah dan kuning; labu; bayam; tomat; ubi jalar), lemak (alpukat; minyak zaitun; buah zaitun), serta cairan (air, teh hijau atau hitam).

Baca Juga:  3 Kesalahan Diet Yang Masih Sering Dilakukan

7 . Konsumsi camilan rendah kalori
Berhubungan dengan faktor kedua, harus disadari saat orang memakan camilan terkadang mereka tidak sadar dengan jumlah makanan yang sudah mereka masukkan ke dalam tubuh, terutama apabila sambil melakukan aktifitas tertentu, menonton TV misalnya?

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. cipta ade

    Manfaat Teh untuk Otak

    Teh bisa memperbaiki kemampuan memori dalam otak. Demikian hasil rangkaian tes laboratorium yang dilakukan tim peneliti University of Newcastle. Teh hijau dan teh hitam mengaktifkan enzim dalam otak yang berhubungan dengan memori.

    Kedua jenis teh ini juga dapat menurunkan aktivitas enzim butyrylcholinesterase (BuChE) yang pernah ditemukan dalam protein pada otak penderita Alzheimer. Baik teh hijau maupun teh hitam bisa secara signifikan menurunkan enzim yang mengganggu memori otak tersebut.

    Info lengkap mengenai manfaat dan khasiat teh hitam untuk kesehatan silakan cek ww.tehkesehatan.com Semoga bermanfaat, Salam.

  2. Rizky Dwi Hadiyansyah

    wow lumayan rumit jg yah itu,,,
    saya akan coba dan coba mungkin saya menjadi smart

  3. sri noeraini retnowati

    terima kasih banget karena informasi seperti ini sangat bermanfaat mudah2an tidak akan pernah akan habis orang yang bisa memberikan informasi kepada teman2nya

  4. memori otak

    Memori otak bisa ditingkatkan dengan puluhan metode yang efektif yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan memori otak dengan berbagai strategi.

  5. Pingback: Organ Tubuh Kita Sebesar 2% Dari Berat Badan Kita Yang Dapat Menaklukkan Masalah Kita dan Bahkan Dunia | Widhiecyber

  6. Pingback: Tujuh Cara Meningkatkan Kinerja Otak « emediakomputer

  7. Pingback: Tujuh Cara Meningkatkan Kinerja Otak | Dokter Sehat | Another Brick Shine In The Wall

  8. Pingback: Tujuh Cara Meningkatkan Kinerja Otak | Dokter Sehat « wendydwiandrian

  9. itoh azahra

    kalo misalkn pelupa itu akibat kekurangan paa cieeeeee aku bingung euuuyy jadi gampng llupaaan ikkhhh ada gak asupan buah yang dapat meniingkatkan kinerja otak

  10. Pingback: Tujuh Cara Meningkatkan Kinerja Otak | Catatan Guru

Leave a Comment

Isi Angka Dibawah Untuk Menghindari Spam *