Tubuh Terasa Seperti Ini? Saatnya Kita Kembali Olahraga

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang tidak sempat untuk melakukan olahraga karena berbagai kesibukan atau merasa sudah sangat kelelahan. Yang menjadi masalah adalah, tubuh yang tidak pernah dipakai untuk berolahraga akan cenderung menjadi kurang fit atau terkena berbagai macam penyakit. Jika kita mengalami gejala-gejala seperti berikut ini, ada baiknya kita mulai segera berolahraga agar tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

doktersehat-wanita-flu-demam-sakit-flu-babi-swine-influenza

Sering terkena flu
Flu kerap kali muncul saat daya tahan tubuh melemah. Padahal, jarang berolahraga akan membuat daya tahan tubuh semakin menurun. Karena alasan inilah ada baiknya kita perlu berolahraga agar bisa memperkuat daya tahan tubuh, memperbaiki fungsi sistem limfatik, dan membuat jumlah sel darah putih meningkat. Olahraga juga bisa mendukung pelepasan hormon pertumbuhan dan regenerasi sel-sel tubuh yang sudah rusak.

Mudah terengah-engah saat naik tangga
Jika kita kesulitan untuk naik tangga meskipun hanya untuk satu lantai saja hingga seperti kehabisan nafas, maka hal ini adalah tanda bahwa tubuh kita membutuhkan olahraga. Nafas yang terengah-engah adalah tanda bahwa tubuh kekurangan oksigen. Dengan berolahraga, maka peredaran darah akan menjadi semakin lancar sehingga distribusi oksigen ke seluruh tubuh akan menjadi lebih lancar.

Tubuh yang terasa lemas dan lesu
Jika tubuh sudah terasa lemas, lesu, dan sulit untuk fokus dan berpikir, maka ada baiknya kita kembali berolahraga agar kembali bugar dan fit.

Hasil tes kesehatan kurang baik
Meskipun kita jarang sakit atau tubuh masih memiliki berat badan yang ideal namun hasil tes kesehatan kurang baik dan menunjukkan kadar kolesterol, gula darah, atau asam urat di angka yang tidak sehat, maka ada baiknya kita segera berolahraga agar mencegah datangnya penyakit berbahaya seperti stroke, diabetes, hingga penyakit jantung.