Tubuh Terasa Lelah Berhari-Hari? Atasi dengan 4 Tips Ini!

DokterSehat.Com – Pernahkah kita penasaran mengapa energi cepat sekali tergerus dari dalam tubuh sehingga rasa letih dan tak bergairah sering kali mampir hingga membuat awan di kepala kita kelabu.



Dilansir dari persistenceunlimited.com, ada sejumlah tips yang bisa Anda ikuti untuk mengatasi rasa lelah Anda. Tips-tips berikut ini termasuk tips yang praktis karena bisa langsung diikuti. Anda hanya butuh komitmen yang kuat untuk memulai kebiasaan baru demi mengatasi rasa lelah yang tak kunjung hilang selama berhari-hari.

  • Olahraga aerobik
    Lho kok? Tubuh dalam kondisi lelah kok malah disuruh olahraga, aerobik pula? Well, Ladies, ternyata olahraga aerobik ini bisa memperlancar aliran darah Anda. Dengan melakukan olahraga aerobik, tubuh Anda akan kembali bersemangat dengan berenergi. Lalu, di malam hari, Anda bisa tidur lebih nyenyak lagi.

    Anda bisa coba untuk melakukan olahraga aerobik di pagi atau sore hari. Tergantung dengan kebutuhan dan jadwal Anda. Olahraga dengan intensitas tinggi memang akan menguras energi Anda. Tapi olahraga jenis ini bisa sangat bermanfaat untuk membantu Anda mengembalikan energi tubuh dan tak lagi merasa lelah sepanjang hari.

  • Kurangi konsumsi gula
    Anda terbiasa minum kopi manis atau teh manis di pagi hari? Minum minuman yang mengandung gula di pagi hari bisa menyebabkan rasa lelah. Sebagai gantinya, Anda bisa mengganti gula dengan madu.

    Di siang hari, kurangi kebiasaan ngemil yang manis-manis. Meskipun sulit, tapi Anda harus tetap mengusahakannya. Biasanya para pegawai kantor lah yang sulit untuk menahan godaan ini. Ketika duduk bekerja menghadap komputer, biasanya godaan untuk ngemil tak tertahankan. Tapi demi kebaikan Anda, sudah saatnya Anda lebih ketat mengontrol kebiasaan makan dan ngemil Anda.

  • Sarapan dan makan siang
    Selalu usahakan untuk sarapan di pagi hari ya. Pastikan selalu ada protein dalam menu sarapan Anda. Sumber protein ini bisa diambil dari telur atau ikan. Jika Anda melewatkan sarapan, akan lebih cepat lapar sebelum jadwal makan siang dan pada akhirnya Anda akan mengonsumsi lebih banyak makanan dari biasanya.

    Untuk makan siang, pilihlah menu yang tak terlalu berat. Dan nikmati makan siang Anda dengan perlahan, jangan terburu-buru. Nikmati setiap suapan makan siang Anda. Oh ya, jangan sampai kekenyangan ya, Ladies. Kekenyangan nantinya hanya akan membuat Anda lebih mudah ngantuk dan merasa lelah di siang hari.

  • Tidur siang singkat
    Tidur siang bisa membuat tubuh Anda terasa lebih segar. Asalkan tidur siangnya tak terlalu lama. Cukup ambil waktu sekitar 15 menit untuk tidur siang. Dan rasakan perbedaannya.

Ladies, rasa lelah ini bisa juga disebabkan oleh stres yang Anda alami. Jika memang alasan tubuh lelah lebih dipengaruhi oleh pikiran kestabilan mental, Anda pun perlu membangkitkan kembali semangat Anda Anda. Lakukan berbagai kegiatan yang bisa merilekskan pikiran Anda. Saat pikiran Anda sudah terasa lebih segar dan tenang, maka tubuh Anda pun nantinya akan mengikuti.