Tubuh Selalu Merasa Lelah Meskipun Tidak Sakit. Mungkin Anda Mengalami Hal Ini

DokterSehat.Com – Banyak orang yang mengeluhkan kondisi tubuhnya yang cenderung mudah lelah, sangat mudah mengantuk saat jam kerja meskipun waktu menunjukkan masih pagi, atau bahkan kesulitan berkonsentrasi saat melakukan banyak tugas. Pakar kesehatan menyebutkan jika gejala-gejala kesehatan ini biasanya terjadi karena seseorang kekurangan waktu tidur. Namun, banyak orang yang juga melaporkan bahwa mereka telah mendapatkan waktu tidur dengan cukup dan melakukan pola makan yang teratur tetap mudah merasa lesu. Apa yang sebenarnya terjadi?

doktersehat-vertigo-pusing-penyakit-kepala-berputar-demensia

Selain kurang tidur, pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika ada beberapa penyebab mudahnya tubuh merasa lemah sepanjang hari. Penyebab rasa lesu ini sendiri bisa disebabkan karena kebiasaan kita yang kurang minum. Idealnya, kita harus mengkonsumsi dua liter air dalam sehari untuk menyeimbangkan kebutuhan cairan dalam tubuh. Hanya saja, kehidupan modern akan cenderung membuat seseorang lebih sibuk dan lupa minum air. Kebiasan ini ternyata bisa membuat darah cenderung lebih kental dan jantung pun akan bekerja jauh lebih keras dan mengalirkan oksigen dan berbagai nutrisi makanan ke semua bagian tubuh sehingga kita pun akan merasa kehabisan energi.

Penyebab lain mengapa tubuh bisa selalu terasa lemah dan lesu setiap saat adalah karena kita telah kecanduan kopi. Meskipun mengkonsumsi secangkir kopi di pagi hari bisa membawa kebaikan bai tubuh, banyak orang yang pada akhirnya meminum kopi dengan sangat banyak setiap harinya hanya untuk membuat mereka terjaga. Kebiasaan ini ternyata bisa memicu rusaknya siklus tidur dan membuat hormon adenosin yang bisa menenangkan tubuh dan memudahkan tidur terhambat. Hal ini akan semakin memburuk jika kita mengkonsumsi kopi setidaknya beberapa jam sebelum waktu tidur.

Baca Juga:  Lemak Perut Tak Selalu Buruk

Penyebab lain mengapa tubuh terasa lelah adalah kebiasaan orang yang terus bekerja meskipun saat waktu liburan tiba. Tahukah anda, meskipun anda melakukan pekerjaan dalam waktu yang sebentar di akhir pekan, kita ternyata tidak memberikan jeda sama sekali bagi tubuh untuk beristirahat dan rileks. Kita pun tidak akan mendapatkan waktu istirahat yang cukup bagi tubuh dan pikiran dan pada akhirnya kita pun akan terus merasa kelelahan sepanjang hari setiap waktu.