Tubuh Seksi dengan Latihan Beban

DokterSehat.com – Kebanyakan wanita akan berpikir ulang untuk melakukan latihan beban. Bayangan akan postur tubuh yang besar layaknya binaragawan menjadi penyebab utama wanita enggan melakukan latihan ini. Padahal latihan beban mempunyai banyak manfaat bagi wanita yang menginginkan tubuh ideal.



Pada dasarnya pria dan wanita itu berbeda. Pria akan lebih berotot ketimbang wanita meski sama-sama berlatihan dengan beban dan durasi yang sama, serta mengonsumsi protein dalam jumlah yang sama pula. Hal ini disebabkan wanita hanya menghasilkan 1/100 dari jumlah hormon testosteron yang dihasilkan pria. Jadi jangan khawatir menjadi kekar seperti pria pada umumnya.

Ketika melakukan latihan dengan beban berat, otot wanita akan cenderung mengencang dan memadat. Jadi tak heran bila wanita yang rajin latihan beban tubuhnya terlihat kencang dan seksi. Selain itu, masih ada beberapa manfaat dari latihan beban seperti berikut ini:

1. Mencegah osteoporosis

Latihan beban yang disertai diet tinggi kalsium dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang dan pemodelan tulang. Hal ini penting bagi wanita yang mendekati menopause sebab pada saat itu kepadatan tulang akan menurun.

2. Mengencangkan tubuh

Pembentukan tubuh akan lebih baik dengan melakukan latihan beban yang dapat meningkatkan otot Anda. Alhasil, tubuh Anda terhindar dari masalah kekenduran terlebih pada bokong, perut, payudara, dan seluruh kulit akan lebih kencang.

3. Mengurangi risiko penyakit serius

Latihan beban tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan otot dan mengencangkan tubuh, tapi juga baik untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, mencegah diabetes, dan membantu meredakan masalah pernapasan.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Latihan beban mampu membangun otot dengan baik. Selain itu, otot mampu membakar kalori bahkan sehabis selesai latihan. Hal ini dapat meningkatkan daya tahan dan meringankan dalam beraktivitas.

Baca Juga:  Kebiasaan Buruk pemicu Payudara Tidak Sehat

5. Mampu membakar lemak

Latihan beban dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membangun otot tanpa lemak. Otot ini mampu membakar lemak meski Anda sedang tidak bekerja. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi wanita yang ingin menurunkan berat badannya.

6. Mengurangi risiko cedera dan meningkatkan postur

Latihan beban bisa meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi kekakuan otot. Alhasil, sakit punggung dan radang sendi pun akan berkurang karena latihan beban dapat memperkuat otot-otot sekitar sendi.

Dari berbagai sumber