Tubuh Sehat Langsing dengan Makanan Berserat Tinggi

DokterSehat.com– Diet sering diidentikan dengan mengurangi konsumsi makan dalam setiap harinya. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Dengan pengurangan konsumsi makan tanpa memperhitungkan jumlah gizinya bisa jadi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh menjadi berkurang. Diet yang benar adalah dengan pengaturan makan yang tepat sesuai dengan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Salah satunya adalah dengan pengaturan makan melalui makanan tinggi serat .

7

Hal ini dilakukan dengan pengaturan makan yang berimbang dengan dimodifikasi dengan kandungan makanan yang berserat tinggi. Serat adalah sari makanan yang sering disebut juga sebagai bagian kasar. Namun seringnya serat ini banyak diabaikan dalam susunan makanan harian. Padahal fungsinya sangat penting dalam tubuh, yaitu untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh, serta gula dalam peredaran daerah. Efek positif lainnya adalah saluran pencernaan menjadi lancar, sehingga mencegah sembelit.

Makanan yang banyak mengandung serat diantaranya adalah buah-buahan, sayuran, serelia, padi-padian utuh, serta kacang-kacangan. Sayuran yang memiliki kadar serat tinggi diperoleh dari brokoli, asparagus, wortel, kubis, bayam, kentang, dll. Sayuran biasanya diolah menjadi sayuran matang, dengan menjaga nutrisinya, yaitu tidak memasaknya terlalu lama. Selain itu bisa dikonsumsi mentah begitu saja, misalnya dalam salad, lalapan, atau jus segar. Untuk buah-buahan yang memiliki kadar serat tinggi diantaranya alpukat hijau, tomat, jeruk, pepaya, leci, stowberi, nanas, dan lain-lain. Selain dikonsumsi begitu saja, Anda juga dapat membuatnya menjadi jus segar dengan penambahan madu untuk menambah rasa manis yang lebih sehat. Sedangkan untuk padi-padian utuh kita bisa memperolehnya dari gandum, yang biasanya diolah menjadi roti, atau masakan lainnya. Sedangkan kacang-kacangan dapat diperoleh dari almond dan walnut dengan tingkat kadar serat paling tinggi.

Baca Juga:  Efek Gizi Buruk Bagi Tubuh

Sedangkan untuk pengaturannya, dapat dilakukan hal-hal berikut:

  • Buatlah jadwal makanan yang teratur
  • Makanlah tiga kali sehari secara teratur, dengan jumlah untuk makan malam lebih sedikit dikurangi. Susunlah menu makan yang diperkaya dengan makanan tinggi serat seperti perbanyak sayur, buah, kacang-kacangan, serta karbohidrat serat tnggi dari gandum atau beras merah.  Aturlah makanan tersebut, agar bervariasi.
  • Konsumsilah air putih dengan jumlah 8 hingga 10 gelas per hari.
  • Minimalkan konsumsi kopi, serta minuman beralkohol dan berkarbon.