Tubuh Mengeluarkan Tanda Ini? Waspada Hati Sudah Penuh Dengan Racun

DokterSehat.Com– Salah satu organ yang bekerja dengan paling keras di dalam tubuh adalah hati. Peran besar dari organ ini adalah menghilangkan racun yang masuk ke dalam tubuh kita. Sayangnya, jika kadar racun di dalam tubuh sudah berlebihan, maka hati akan mengalami masalah dan akhirnya akan mengeluarkan gejala-gejala berikut ini.

kanker-hati-doktersehat

Bagian hati akan terasa nyeri
Jika kita merasakan nyeri pada perut bagian kanan atas, maka bisa jadi organ hati sedang bermasalah atau kesulitan melakukan proses detoksifikasi tubuh akibat dari banyaknya racun yang sudah menumpuk. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan hal ini akan menyebabkan peradangan hati.

Pembengkakan pada kaki dan pergelangan
Jika kaki, khususnya bagian pergelangan, mengalami pembengkakan, maka bisa jadi hal ini disebabkan oleh hati yang tidak bisa bekerja dengan maksimal. Tak hanya membengkak, pada bagian kaki cenderung menimbulkan jaringan parut. Hal ini disebabkan oleh adanya hipertensi portal atau tekanan darah tinggi pada pembuluh darah vena porta yang dipicu oleh sirosis hati.

Berat badan naik drastis
Kenaikan berat badan secara drastis ternyata bisa saja disebabkan oleh organ hati yang tak lagi mampu membuang racun sehingga racun ini akan dimasukkan ke dalam sel lemak tubuh.

Mengalami alergi
Jika kita mengalami reaksi alergi yang biasanya tidak pernah terjadi, bisa jadi hal ini adalah tanda bahwa hati sudah penuh racun. Hal ini disebabkan oleh racun yang masuk ke dalam aliran darah yang dideteksi oleh tubuh sebagai alergen sehingga tubuh pun akan segera melepas antibody serta histamin yang akan menyebabkan gatal-gatal.

Perubahan warna kulit dan mata
Jika mata dan kulit semakin menguning, maka hal ini adalah tanda dari penyakit kuning yang disebabkan oleh terganggunya fungsi hati.

Kelelahan
Tak hanya rasa lelah yang berlebihan, organ hati yang tidak lagi bekerja dengan maksimal dan dipenuhi dengan racun akan membuat kita mudah terkena flu berkepanjangan.

Segera periksakan ke dokter jika tubuh sudah mengalami tanda-tanda seperti ini.