Tubuh Mengalami Gejala Seperti Ini? Waspada Kanker Serviks

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum hawa adalah kanker serviks. Tak hanya sangat mematikan, penyakit ini biasanya tidak begitu terlihat gejalanya pada fase-fase awal dan baru diketahui saat kondisinya sudah cukup serius. Jika kita mulai mengalami gejala-gejala seperti ini pada tubuh, ada baiknya kita mewaspadai kemungkinan adanya kanker serviks.

doktersehat-wanita-kanker-serviks-rahim

Pendarahan pada organ vital
Joshua Cohen, MD dari UCLA menyebutkan bahwa pendarahan pada vagina yang tidak biasa bisa jadi adalah tanda dari kanker serviks. Pendarahan ini bisa muncul pada saat setelah berhubungan intim atau selama fase menstruasi.

Sakit pada panggul
Selain pendarahan, area panggul juga akan merasakan sensasi sakit baik itu yang terasa kecil hingga yang sangat menyakitkan. Rasa sakit ini juga bisa muncul saat berhubungan intim atau saat buang air kecil.

Keputihan dengan bau yang menyengat
Keputihan yang berbau memang bisa menandakan banyak masalah dan terkadang tidak selalu terkait dengan kanker, hanya saja, jika kita mengalami keputihan yang sangat banyak, kental, dan bau yang menyengat, segera konsultasikan pada dokter karena bisa jadi hal ini adalah tanda dari kanker serviks.

Perubahan pola buang air kecil atau besar
Cohen menyebutkan bahwa kanker serviks akan cenderung membuat kita lebih sering ingin buang air kecil. Kotoran yang keluar saat buang air besar juga bisa mengalami perubahan. Jika gejala ini muncul lebih lama dari seminggu, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.

Tubuh terasa lelah
Jika tubuh selalu merasa lelah seakan-akan tidak bisa bugar sama sekali meski sudah berusaha untuk cukup beristirahat, maka bisa jadi hal ini adalah tanda dari kanker serviks yang harus segera diperiksakan ke dokter.