Trimester Awal Kehamilan, Ibu Sebaiknya Rutin Memakan Pisang

DokterSehat.Com – Trimester pertama kehamilan adalah fase yang sangat penting bagi ibu yang ingin memastikan pertumbuhan fisik dan otak sang buah hati di dalam kandungan bisa terjadi dengan maksimal. Untuk mendapatkannya, ibu hamil harus mengkonsumsi banyak makanan sehat dan bergizi sekaligus menghindari beberapa makanan yang kaya akan kandungan lemak, minyak, dan penyedap rasa. Makanan yang kaya akan santan atau bahkan kopi juga sebaiknya dihindari terlebih dahulu. Namun, pakar kesehatan menyebutkan jika ada satu bahan makanan yang sebaiknya rutin dikonsumsi ibu yang sedang falam fase trimester awal kehamilan. Makanan tersebut adalah buah pisang.

doktersehat-pisang- teh-insomnia-alternatif-sehat-obat

Buah pisang akan sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, khususnya pada minggu pertama hingga ke-empat kehamilan. Pisang sendiri dikenal luas memiliki kandungan sehat layaknya karbohidrat, mineral layaknya zat besi dan kalsiu, hingga provitamin A, vitamin B, dan juga vitamin C. kandungan karbohidrat dalam pisang, contohnya, akan sangat baik dalam mendukung pertumbuhan janin di dalam kandungan dan membuat ibu akan tida mudah merasa kelelahan meskipun cukup banyak melakukan aktifitas. Sementara itu, kandungan zat besi dan kalsium akan membuat pertumbuhan tulang bayi menjadi lebih baik sekaligus mendukung kepadatan tulang ibu hamil.

Kandungan vitamin B pada pisang akan mendukung pembentukan sel darah merah pada ibu hamil dan vitamin C pada pisang akan menjadi antioksidan dan menjaga sistem kekebalan tubuh ibu tetap dalam kondisi yang prima sehingga tidak akan mudah terkena penyakit. Provitamin A juga akan mendukung kesehatan kulit dan mata ibu hamil.

Pakar kesehatan menyarankan ibu yang hamil muda untuk mengkonsumsi setidaknya satu buah pisang dalam sehari. Tak hanya dikonsumsi secara langsung, buah pisang juga bisa diolah menjadi smoothie yang akan sangat nikmat dikonsumsi di pagi hari yang bisa ditambahi madu sehingga kandungan nutrisinya akan menjadi lebih baik.