Trik Sederhana Meningkatkan Kebiasaan Makan Sehat Anak

DokterSehat.Com – Masalah nafsu makan anak menjadi problem yang sangat mangganggu bagi orang tua apalagi bagi seorang ibu. Kehilangan nafsu makan sebenarnya bukan hanya monopoli anak-anak saja namun kita sebagai orang dewasa juga pasti pernah mengalaminya.

9

Yang perlu difokuskan dalam meningkatkan kebiasaan makan sehat anak hanyalah 2 point saja, yaitu :

  • Mengatur jadwal makan
    Silahkan Anda tentukan, jam berapa saja anak harus makan! Misalnya jam 7.00 pagi sarapan, jam 12.00 makan siang, dan jam 19.00 makan malam. Hal itu harus dicamkan dalam benak, supaya bisa menjadikannya sebagai sebuah kebiasaan. Beri asupan makanan yang dibutuhkan di jam jam tersebut secara teratur selama beberapa hari. Selingi dengan memberikan cemilan atau makanan ringan di tengah tengah sebagai variasi dan pelengkap, tentunya dengan pilihan cemilan yang sehat dan bergizi.

    Setelah terbiasa, anak akan mulai mengikuti pola yang dibuat tersebut, demikian juga dengan tubuh dan sistem pencernaannya pun akan selaras dengannya, sehingga beberapa menit sebelum tiba waktu makan, perutnya akan langsung terasa lapar dan menagih makanan. Kalau sudah demikian, Anda sudah satu langkah lebih maju dalam meningkatkan kebiasaan makan sehat anak.

  • Mengatur menu makan
    Langkah selanjutnya adalah Anda harus mengetahui informasi tentang berbagai variasi menu makanan yang sehat dan bergizi, yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi untuk sang anak, dan sebagai penggerak semangat agar anak selalu lahap dalam mengkonsumsi makanan yang disajikan. Jika saat ini Anda hanya memiliki referensi menu dalam jumlah beberapa saja, maka lengkapilah dan jadikan variasi untuk penyajiannya, agar sang anak tidak bosan dengan menu makanan yang itu itu saja.

    Untuk mendapatkan informasi tentang pilihan bahan makanan sehat seimbang dan variasi menu yang bisa dibuat saat ini bukan hal yang sulit. Banyak sekali media yang bisa dimanfaatkan, seperti media massa (televisi, majalah), atau dengan cara mengakses internet dan mencari artikel tentang menu makanan sehat bergizi untuk buah hati.

Demikianlah informasi tentang cara meningkatkan kebiasaan makan sehat anak. Semoga bisa memberikan solusi bagi para ibu dan orang tua yang kesulitan dengan pola makan anak yang masih kurang bernafsu (susah makan).