Trik Pulihkan Energi dengan Cepat

Doktersehat.com – Rutinitas sehari-hari tentu membuang energi dan tak jarang memperburuk mood. Saat seperti ini, Anda butuh relaksasi untuk mengembalikan energi yang hilang.  Tak perlu menyediakan waktu khusus untuk memulihkan semangat yang meredup di tengah kesibukan.



Para ibu di rumah seringkali mengurus anak-anaknya tanpa kenal istirahat, apalagi mengingat anak-anak itu juga sepertinya tidak pernah kehabisan energi dalam beraktivitas. Padahal, bagi para ibu, yang diurus bukan hanya anak-anak, melainkan masih banyak juga hal lainnya. Mulai dari membereskan rumah, menyiapkan makan, hingga menyediakan kebutuhan suami. Tidak heran, para ibu sering mengeluh kehabisan energi dan kurang istirahat. Nah, coba terapkan tujuh trik berikut ini agar semangat dan tenaga Anda bisa cepat kembali dalam waktu singkat.

1. Minum sebotol air putih
Dehidrasi ringan dapat berpengaruh terhadap tubuh, bahkan sebelum Anda menyadari bahwa Anda sedang kehausan. Tanda-tandanya adalah sakit kepala, rasa lelah, dan kehabisan tenaga. “Agar tubuh bisa kembali segar, cobalah minum air sebotol penuh,” anjur Tammy Gold, seorang psikoterapis dan parenting coach.

2. Segera mandi
Baik berendam maupun di pancuran, mandi akan selalu bisa membuat badan Anda lebih berenergi, begitu kata Gold.

3. Teruslah bergerak!
Beberapa studi menemukan bahwa aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan level energi, bahkan lebih tinggi daripada tidur siang. Tidak perlu terlalu muluk sampai mendaftar di pusat kebugaran. Berjalan sebentar berkeliling kompeks perumahan sambil mendorong kereta bayi sudah dapat membuat Anda jadi lebih segar. Atau, lakukan peregangan ringan sambil melakukan pekerjaan rumah tangga.

4. Jangan lewatkan sarapan
Selama ini Anda selalu mengharuskan anak untuk sarapan sebelum sekolah, tapi Anda sendiri malah sering tidak melakukannya. Hentikan kebiasaan ini. Jangan hanya bergantung pada kekuatan secangkir kopi. Sebab, riset membuktikan bahwa menyantap sarapan di pagi hari dapat membantu memberi dorongan tenaga yang lebih besar untuk aktivitas sepanjang hari.

5. Jaga kadar gula darah
Saat merasa begitu lelah, rasanya memang menyenangkan untuk bisa makan permen atau minum sesuatu yang manis. Tetapi ternyata lonjakan energi yang terjadi itu hanyalah sementara. Dalam waktu singkat, Anda sudah merasa lebih lelah daripada sebelumnya. Hal ini dikarenakan asupan gula itu diserap dengan cepat oleh tubuh, kemudian dikeluarkan juga dengan cepat. “Lebih baik, makanlah snack, seperti misalnya buah-buahan,” kata Gold.

6. Berganti pakaian
Ketika berada di dalam rumah, Anda lebih suka pakai daster atau piyama. “Ini malah bisa membuat Anda merasa lebih lelah dan kehabisan energi,” kata Gold. Cobalah kenakan pakaian yang lebih bagus, seperti celana panjang dan kaus lengan pendek. Lihatlah bagaimana perubahan “kostum” ini bisa berpengaruh pada perubahan mood Anda!

7. Cukup tidur
Memang, sulit bagi Anda untuk memenuhi anjuran tidur sekitar 8 jam sehari. Tapi jangan sampai waktu tidur Anda terpangkas hingga hanya 4-5 jam sehari! “Tidak ada yang bisa mengobati kurang tidur. Bahkan minuman berkafein sekuat apa pun tidak bisa membantu,” kata Debi Silber, MS, RD, seorang personal trainer sekaligus lifestyle coach dan penulis buku A Pocket Full of Mojo: 365 Proven Strategies To Create Your Ultimate Body, Mind, Image and Lifestyle. “Mencari solusi dari kafein dan gula hanya akan membuat Anda merasa sangat lelah dan rentan terhadap kenaikan berat badan yang berlebihan.”

Cobalah untuk memperbaiki waktu tidur Anda. Selama satu minggu, tidurlah sekitar 1 jam lebih awal pada setiap malamnya. Lupakan keinginan untuk nonton televisi. Perhatikan seberapa besar perubahan energi yang Anda alami saat memasuki minggu selanjutnya.

Sumber : kotasehat.blogspot.com & female.kompas.com