Trik Mudah Mengatasi Insomnia

DokterSehat.Com – Mengalami masalah tidur adalah hal yang sangat tidak diinginkan oleh siapapun karena bisa membuat kita sangat menderita. Tubuh akan selalu terasa lelah dan lesu karena waktu istirahat yang sangat kurang. Selain itu, berbagai organ tubuh juga beresiko mendapatkan penyakit berbahaya layaknya diaebtes, tekanan darah tinggi, serangan jantung, hingga masalah depresi. Tahukah anda, ada lebih dari 51 persen dari orang ternyata kesulitan mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Untuk mengatasinya, kita bisa menerapkan beberapa trik mudah mengatasi insomnia seperti sebagai berikut.

doktersehat-tidur-wanita-ruangan-dingin-jantung

Kunci mendapatkan waktu tidur berkualitas adalah membuat tempat tidur kita menjadi tempat yang sangat nyaman untuk tidur. Kamar tidur yang ideal sebaiknya terasa tenang, gelap, suhunya nyaman tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, hingga tidak mudah terganggu oleh suara-suara pengganggu. Selain itu, perhatikan pula kasur yang dipakai untuk tidur. Kasur yang terlalu empuk atau terlalu keras jelas tidak nyaman untuk tidur. Gunakan kasur dengan ukuran dan kelembutan yang pas sehingga tidur pun dapat dilakukan dengan nyaman.

Untuk membuat anda bisa tertidur, kita bisa mulai menempatkan jadwal tidur harian yang harus kita patuhi. Cobalah memilih waktu tidur sesuai dengan kebiasaan kita mulai mengantuk di malam hari dan sesuaikan setiap hari. Jika kita berhasil tertidur dengan teratur pada jam yang reguler, tubuh pun bisa terprogram untuk bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Untuk memastikan kita bisa tidur dengan mudah, cobalah untuk lebih rileks dan melupakan berbagai hal yang meresahkan pikiran. Jika perlu, tulis semua yang anda perlu lakukan di esok hari atau apapun yang anda pikirkan saat itu juga. Setelah semua pikiran yang memaksa otak sibuk berpikir dan sulit tidur tertulis, kita pun bisa dengan tenang beranjak ke alam mimpi.

Baca Juga:  Jangan Takut Direkam Jantung Ketika Nyeri Dada

Untuk mendapatkan rasa rileks, kita bisa memastikan kebersihan badan yang bisa membuat tubuh terasa nyaman dan siap untuk tidur. Cobalah untuk mandi atau mendengarkan musik yang lembut untuk menenangkan waktu sebelum tidur. Selain itu, cobalah untuk menghindari minuman yang kurang baik bagi waktu tidur layaknya minuman berkafein atau minuman beralkohol. Hindari pula penggunaan gadget di kamar tidur sehingga anda pun bisa benar-benar lebih tenang dan siap untuk tidur dengan nyaman.