Trik Meredakan Flu Secara Alami

DokterSehat.Com – Sekarang ini keadaan cuaca sangat tidak menentu. Jika tubuh kita dalam keadaan yang tidak fit maka kita akan mudah terserang penyakit salah satunya yaitu penyakit pilek. Pilek disebut juga dengan istilah influenza dalam ilmu kedokteran atau kita biasa menyebut dengan kata flu saja.

doktersehat-skait-flu-lemon-teh

Selain faktor cuaca yang tidak menentu dan daya tahan tubuh kita yang sedang turun. Ada penyebab lain datangnya penyakit pilek ke tubuh kita yaitu hinggapnya virus yang disebut RNA yang merupakan sebab terjadinya flu di dalam tubuh kita.

Tanda-tanda yang biasa kita rasakan ketika kita mulai menderita pilek yaitu naiknya suhu tubuh kita atau demam, bersin-bersin, sakit pada tenggorokan, dan gatal yang mengganggu pada hidung kita. Jika mulai merasakan gejala tersebut, maka harus segera mengatasinya dengan cara-cara yang alami untuk mengurangi efek samping yang di timbulkan obat kimia.

Berikut cara alami untuk meredakan gangguan influenza:

• Perbanyak istirahat
Beristirahatlah ketika pertama kali anda terserang influenza. Hal ini dapat membantu, tubuh anda mencurahkan energi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

• Buang lendir hidung lebih sering
Membuang lendir hidung secara teratur ketika anda meriang dan jangan menghisapnya kembali. Dengan melakukan hal ini, hidung menjadi tidak mampet dan membantu menghilangkan kuman dari tubuh anda.

• Berkumur
Berkumur adalah bantuan sementara untuk melembabkan dan dapat melegakan tenggorokan yang meradang. Cobalah berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan satu sendok teh garam. Lakukan empat kali sehari, atau berkumurlah dengan campuran larutan perasan lemon dan madu. Larutkan satu sendok makan air perasan lemon dalam secangkir air panas (+- 50cc), lalu campur dengan satu sendok teh madu. Biarkan campuran ini dingin pada suhu kamar, setelah itu berkumurlah dengannya.

Baca Juga:  Strategi Hadapi Anak 'Picky Eater'

• Minum-minuman yang hangat
Minuman hangat dapat melegakan pernafasan, mencegah dehidrasi, dan meredakan peradangan selaput di sepanjang hidung dan tenggorokan yang terasa tidak nyaman.

• Tidur dengan tumpukan bantal dibawah kepala
Tidur dengan cara ini membantu melegakan rongga hidung dan meringankan sakit kepala, yang kemudian dapat membuat anda bernapas dan tidur dengan lebih baik.

• Bersauna
Sauna (mandi uap) akan melembabkan rongga hidung anda dan menjadikan anda rileks. Tindakan inhalasi atau menghirup beberapa tetes uap minyak kayu putih (atau eucalyptus) pada semangkuk air panas, juga dapat membantu proses penyembuhan. Kedua minyak aromatik tersebut mempunyai efek decongestan, yang membantu obat untuk mengurangi sumbatan atau pembengkakan pada saluran pernapasan.

BACA JUGA : Tontonan televisi mempengaruhi pola makan remaja?