Trik Menyiapkan Makanan Pendamping ASI Untuk Bayi

DokterSehat.Com – ASI memang memberikan keuntungan yang tidak dapat digantikan dengan makanan pengganti apapun, namun kebanyakan bayi yang diberi susu formula tumbuh cukup sehat setidak-tidaknya di negara-negara maju seperti Amerika Serikat. Setelah usia 6 bulan, bayi memang perlu mendapat makanan pendamping ASI (MP-ASI).



Karena dengan semakin bertambah usia, kebutuhan gizi anak pun akan semakin meningkat pula. Kebutuhan gizi ini tidak cukup dari ASI saja, tetapi juga harus diperoleh dari makanan padat pertama untuk bayi, berupa buah dan bubur susu, yang tentunya diperlukan untuk bayi dalam proses pengenalan makanan yang merupakan pendamping dari ASI.

Untuk itu terutama para sangat penting mengetahui tentang pengelolaan higienis MP-ASI. Ada bayi dapat tetap sehat bebas dari berbagai bakteri berbahaya dan juga penyakit, beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu memasak makanan dengan suhu lebih dari 70 derajat Celsius, yang merupakan batas minimal.

Demikian juga hindari untuk menyimpan makanan matang, apabila memang mau menyimpan juga, maka simpan pada ruang atau kulkas pada suhu dingin yang kurang dari 10 derajat Celsius. Nah, makanan yang sudah telah disimpan tersebut kemudian dipanaskan kembali hingga seluruh makanan mencapai 70 derajat Celsius, baru kemudian konsumsi kembali.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan lagi :

  • Menghindari kontak antara makanan mentah dengan matang.
  • Cuci buah dan sayuran hingga bersih.
  • Gunakan air yang aman dan sehat.
  • Mencuci tangan hingga bersih sebelum menyiapkan makanan untuk bayi.
  • Cuci dan rebus botol, serta dot sebelum digunakan oleh buah hati.
  • Lindungi makanan dari kontak dengan serangga, tikus, dan binatang lainnya.
  • Pastikan juga seluruh peralatan dan tempat yang digunakan dalam kondisi bersih.