Trik Meningkatkan Nafsu Makan Bayi

DokterSehat.Com – Cara menambah nafsu makan pada anak bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh para orang tua. Pasalnya kebanyakan anak-anak memiliki seribu alasan untuk menolak saat disuruh untuk makan. Jika sudah demikian, akibatnya akan berdampak pada si anak itu sendiri.



Dan sebagai orang tua, Anda tentu tidak ingin terjadi sesuatu pada anak Anda, bukan? Oleh karena itu Anda harus punya cara-cara jitu supaya nafsu makan si anak meningkat dan asupan gizinya pun bisa terpenuhi.

Berikut beberapa tips meningkatkan nafsu makan bayi:

• Buat jadwal makan
Pastikan untuk membuat jadwal makan untuk buah hati. Menurut beberapa ahli gizi, anak-anak membutuhkan makan setidaknya 3 sampai 4 jam sekali. Entah itu makan nasi, bubur atau sekedar makanan ringan dan minum. Jadi, usahakan agar buah hati makan dalam waktu yang teratur dan terjadwal. Buat jadwal harian jam berapa anak makan nasi, makan makanan ringan, dan minum susu (ASI). Ketika buah hati memiliki waktu makan yang teratur, nafsu makannya bisa bertambah dan pola makannya pun berjalan dengan baik.

• Ganti menu makan anak
Agar nafsu makan buah hati menjadi lebih baik. Usahakan untuk memberinya menu makanan yang beragam dan selalu ganti setiap harinya. Jika bunda memberikan makanan yang sama setiap hari pada buah hati, hal ini justru akan membuat buah hati bosan dan tak suka makan. Selalu ganti menu makanan buah hati dan cukupi nutrisi yang diperlukan tubuhnya dengan baik.

• Makan makanan yang dimakan anak
Jika bunda ingin buah hati makan makanan tertentu, pastikan bahwa bunda dan semua anggota keluarga juga makan makanan tersebut. Misalnya saja, jika bunda ingin buah hati makan pisang atau sayur bayam, anggota keluarga juga perlu makan makanan tersebut. Beri contoh buah hati agar ia makan makanan yang baik dan disukai oleh keluarganya.

Baca Juga:  Apakah Pemeriksaan HbA1c Itu?

• Ajak anak memasak dan memilih makanannya sendiri
Satu lagi cara agar nafsu makan buah hati menjadi lebih baik adalah ajak buah hati memasak atau memilih makanannya sendiri. Dengan melibatkan buah hati dalam aktivitas memasak atau memilih makanannya sendiri, hal ini akan meningkatkan nafsu makan. Tapi ingat bunda, saat mengajak buah hati memasak atau memilih makanannya sendiri, pastikan bahwa aktivitas tersebut aman baginya.

BACA JUGA : Mitos Seputar Pil KB