Trik Menghentikan Kebiasaan Buruk Ngemil

DokterSehat.Com – Banyak sekali orang yang mengeluhkan kondisi dimana berat badan menjadi hal yang sulit untuk dikendalikan. Dengan berat badan yang semakin naik, kita tentu bisa mengalami masalah obesitas, bukan? Banyak orang yang pada akhirnya memilih untuk melakukan diet dengan cara mengurangi porsi atau frekuensi memakan makanan. Sayangnya, meskipun porsi dan frekuensi makan besar telah dikurangi, berat badan masih saja masih kurang bisa dikendalikan. Apa yang terjadi?

doktersehat-keripik-soda

Kita kerap kali tidak begitu memperhatikan kebiasaan ngemil kita. Dengan memakan camilan, yang biasanya dilakukan di sela-sela waktu makan besar atau bahkan di waktu menjelang tidur, maka kita pun akan membuat saluran pencernaan tidak beristirahat sama sekali dan terus menerus melakukan proses pencernaan. Hal ini bisa memicu penumpukan lemak pada tubuh dan berat badan kita pun bisa semakin bertambah. Yang menjadi masalah adalah, ngemil sangat enak untuk dilakukan karena menjaga kita dari rasa lapar dan bahkan bisa menemani kita melakukan beragam aktifitas harian. Kita tentu akan kesulitan menghentikan kebiasaan memakan camilan ini.

Andai kita kesulitan menghentikan kebiasaan ngemil agar bisa menurunkan berat badan, maka kita bisa memodifikasi kebiasaan ngemil kita ini dengan beberapa trik. Trik pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mengganti camilan apa saja yang biasa kita makan dengan makanan yang lebih bergizi namun tidak beresiko menambah berat badan. Camilan yang kaya dengan gandum atau makanan sereal yang kaya dengan serat bisa menjadi pilihan camilan yang menarik. Selain itu, beberapa jenis camilan yang kaya akan kandungan kalsium dan lemak tak jenuh layaknya yoghurt, sayuran brokoli, hingga makanan kacang-kacangan ternyata bisa membantu kita mengurangi berat badan.

Baca Juga:  Efek Seks Setiap Hari Selama 30 hari

Cobalah untuk menghindari camilan berat layaknya es krim, biskuit manis, atau bahkan roti-rotian. Selain itu, kita juga bisa mencoba untuk makan dengan porsi yang lebih besar sehingga kita pun menjadi tidak mudah merasa lapar dan akan mengurangi keinginan untuk memakan camilan. Dengan trik ini, kita pun bisa membuat berat badan tubuh menjadi lebih bisa dikendalikan.