Trik Mengajak Bayi Jalan-jalan

DokterSehat.Com – Bunda pasti senang deh kalau bisa ajak adek bayi jalan-jalan, tapi terkadang acara jalan-jalan ini bisa berujung tidak nyaman, tidak menyenangkan dan bisa jadi adek bayi menangis minta pulang. Nah agar hal ini tidak terjadi, coba lakukan trik ini agar acara jalan-jalan bersama adek bayi tetap nyaman dan menyenangkan :



  • Siap dengan perubahan mendadak
    Bayi Anda bisa saja tiba-tiba rewel, menangis, atau suhu badannya naik atau tiba-tiba panas. Bila sudah begitu. Batalkan atau tunda acara ajak bayi jalan-jalan di lain waktu dan dilain hari ketika bayi Anda telah pulih dan sehat kembali.
  • Realistis
    Lihat realita di sekitar Anda. Jangan mengajak bayi jalan-jalan sehari penuh (full day), dari pagi sampai sore bahkan sampai malam hari. Batasi acara jalan-jalannya maksimal 2-3 jam setiap x pergi, karena terlalu lama dalam gendongan atau stroller bayi Anda akan kelelahan dan tidak nyaman
  • Kontrol emosi
    Jaga emosi, bila  panik dan tidak nyaman saat membawa dan mengajak bayi jalan-jalan,  maka bayi Anda akan menangis atau rewel itu berarti ia mengajak pulang. Apabila itu trjadi, maka siapkan rencana cadangan atau cara kedua. Contohnya, di tengah jalan terjebak macet segera alihkan ke tujuan lain yang sekiranya tidak membuatnya jenuh.
  • Sederhana
    Buat acara sesederhana mungkin. Memaksakan mengunjungi beberapa tempat sekaligus, adalah ide buruk. Tetapkan satu tempat tujuan saja agar bayi tidak kelelahan.
  • Kenali tempat tujuan
    Dimanapun tujuan Anda, usahakan untuk gampang menemukan sesuatu yang Anda butuhkan. Seperti, tempat menyusui, tempat mengganti popok dan baju bayi atau baju Anda yang kotor.
  • Peralatan lengkap
    Isi tas bayi dengan beberapa perlengkapan bayi, misalnya popok, baju ganti, dan lain sebagainya
  • Hindari tempat terlalu ramai
    Untuk memperkecil risiko bayi tertular penyakit yang bertebaran di udara. Karena sistem kekebalan tubuh bayi masih sangat lemah.
  • Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung
    Karena kulit bayi masih sangat peka dan sensitif, maka jauhkan dari terpapar sinar matahari langsung di atas pukul 8 pagi.