Trik Memilih Lensa Kontak Dengan Baik

DokterSehat.Com – Penggunaan teknologi yang semakin masif oleh umat manusia juga memicu semakin banyaknya manusia yang mengalami kerusakan mata di usia muda. Sebagai contoh, mereka yang terbiasa membaca atau menggunakan komputer dan gadget dengan cara yang tidak benar bisa memicu masalah penglihatan layaknya rabun jauh. Mata yang sudah rusak pun akan membutuhkan bantuan berupa kaca mata atau lensa kontak. Lensa kontak sendiri seringkali dianggap sebagai pilihan yang menarik yang akan membuat tampilan wajah menjadi lebih unik sekaligus membantu penglihatan kita.



Sayangnya, banyak lensa kontak yang dijual di pasaran ternyata cukup kurang baik bagi kesehatan mata. Kita tentu harus berhati-hati dalam memilih lensa kontak yang sesuai dengan kebutuhan dan tampilan kita. Jika kita asal memilih lensa kontak, bisa jadi mata kita akan mengalami iritasi layaknya rasa perih yang berkelanjutan hingga warna mata yang semakin memerah.

Cara pertama memilih lensa kontak dengan baik adalah dengan mengecek lapisan warna pada lensa kontak. Lensa dengan warna-warni yang menarik bisa jadi akan kurang baik bagi mata karena ada beberapa lapisan yang langsung menyentuh mata ternyata kurang aman. Kita bisa bertanya pada penjual lensa kontak mengenai posisi dari lapisan warna lensa kontak ini. Biasanya, lapisan warna yang berada di bagian tengah dan diantara lapisan luar dan belakangan lensa kontak akan jauh lebih aman untuk digunakan. Lensa kontak yang baik juga adalah lensa kontak yang memiliki perlindungan dari sinar UV yang maksimal. Mata pun akan jauh lebih terlindungi dari radiasi matahari tersebut sehingga akan jauh lebih sehat.

Perhatikanlah masa kadaluwarsa dari lensa kontak yang anda beli. Tentu akan sangat tidak baik jika kita menggunakan lensa kontak yang sudah dalam masa kadaluwarsa karena bisa membuat mata mengalami iritasi dan kerusakan lainnya. Selain itu, cobalah untuk menyesuaikan lensa kontak dengan kondisi mata kita. Sebagai contoh, jika mata kita minus, maka gunakanlah lensa kontak yang diperuntukkan untuk mata minus. Jangan hanya tertarik menggunakan lensa kontak karena masalah style saja karena bisa memicu kerusakan pada mata jika dilakukan dengan sembarangan.

Baca Juga:  Kenali Keracunan Makanan Lebih Jauh

Jangan bermain-main dengan lensa kontak tanpa adanya rekomendasi dari dokter mengingat jika kita asal memakai lensa kontak, bisa jadi mata akan mengalami kerusakan yang tentu akan sangat berbahaya bagi kondisi mata.