Trik Membuat Perut Tidak Mudah Buncit

DokterSehat.Com – Ada sebuah mitos yang berkembang di masyarakat dimana orang-orang yang sudah memasuki usia dewasa atau sudah menikah harus bersiap diri mendapati banyak perubahan pada bentuk tubuhnya, khususnya pada area perut. Perut membuncit kerap kali diasosiasikan dengan mereka yang sudah dewasa meskipun dalam realitanya, anak-anak muda pun bisa mengalami perut yang membuncit. Masalahnya adalah, buncitnya perut akan menandakan banyaknya tumpukan lemak pada tubuh dan tumpukan lemak ini bisa menyebabkan beberapa penyakit berbahaya. Kita tentu tidak ingin hal ini terjadi pada perut kita, bukan? Berikut adalah beberapa trik yang bisa kita lakukan agar perut kita tidak mudah membuncit.

doktersehat-gendut-perut

Sebagaimana tips-tips menjaga berat badan ideal atau diet yang efektif lainnya, hal pertama yang harus kita perhatikan tentu adalah pola makan yang sehat dan diiringi dengan latihan tubuh yang dilakukan secara rutin. Makanan yang sehat dan mengandung banyak vitamin C bisa membuat tubuh kita menjaga kadar kortisol dalam kadar yang seimbang dan tidak berlebihan. Kadar kotisol berlebihan bisa menyebabkan penyimpanan lemak pada perut yang tentu akan membuat perut membuncit. Beberapa makanan layaknya sayuran hijau dan buah-buahan bisa kita konsumsi setiap hari. Latihan tubuh juga harus kita lakukan secara teratur dan idealnya bisa dilakukan setiap hari. Latihan sit-up akan sangat baik dalam menjaga perut agar tidak membuncit meskipun beberapa latihan lain layaknya lompat tali juga layak untuk kita pertimbangkan.

Perut buncit selalu dikaitkan erat dengan asupan lemak yang berlebihan. Faktanya, untuk menghindari tumpukan lemak pada perut, kita justru harus meningkatkan asupan lemak sehat dan mengurangi kandungan lemak tidak sehat. Makanan-makanan cepat saji yang kaya dengan lemak trans atau lemak tidak sehat jelas harus menjadi pantangan bagi kita yang ingin menjaga perut agar tidak membuncit. Beberapa makanan yang kaya akan lemak sehat layaknya alpukat atau minyak zaitun justru akan baik bagi tubuh kita. Selain itu, hindari juga makanan yang kaya dengan kandungan gula mengingat kadar gula darah yang tinggi juga bisa memicu tumpukan lemak pada perut.

Baca Juga:  Sawo, Buah Manis nan Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, kita harus ingat dua hal yang sangat penting namun sering kita sepelekan: istirahat yang cukup dan bebas dari stress. Stress bisa memicu kenaikan kortisol yang tentu berimbas pada penumpukan lemak atau pengingkatan berat badan. Cobalah untuk lebih baik dalam mengelola stress dan juga menjaga waktu tidur kita agar cukup dan berkualtias. Dengan istirahat yang cukup, maka tubuh pun akan semakin sehat dan penumpukan lemak pun semakin bisa dihindari sehingga perut kita pun akan tidak mudah membuncit.